Scroll to Top

Tweet Twitter Kerap Di-Retweet Tanpa Dibaca Terlebih Dulu

By Ibnu Azis / Published on Monday, 12 Nov 2012

Twitter Logo

Tweet di Twitter ternyata kerap di-retweet meski tanpa dibaca terlebih dahulu atau menklik tautan yang disematkan. Menurut publikasi HubSpot fenomena ini akibat adanya ‘perintah’ tak langsung dalam tweet tersebut.

‘Perintah’  yang dimaksud adalah kata retweet atau RT. Si pemilik akun meminta tweet yang dibagikan untuk diulang (retweet) dengan menyematkan kata ‘retweet’ atau ‘RT’. Secara psikologis pengguna yang menbacanya langsung me-retweet tanpa membaca konten yang ada.

Dan Zarella meakukan analisa terhadap 2,7 tweet yang menyematkan tautan di dalamnya. Dari temuannya tersebut terlihat dengan jelas bilamana banya tweet yang dibagikan kembali namun pengguna yang me-retweet-nya tidak pernah menklik tautan yang ada.

Temuan HubSpot ada dua. Pertama konten yang menyematkan tanda ‘@’ atau me-mention pengguna tertentu miskin retweet. Sedangkan konten yang memiliki ‘perintah’ retweet cenderung masif mendapat pengulangan tweet.

Dari 2,7 juta tweet yang diteliti, 14,64% retweet yang terjadi tidak ada satu tweet pun yang memiliki action klik ke tautan yang disematkan. Sedangkan 16,12% tweet yang ada lebih banyak terjadi retweet daripada action klik tautan.

Dan Zarella menyimpulkan jika tweet yang memiliki konten retweet yang berupa ‘perintah’ akan menghasilkan retweet lebih banyak daripada tweet yang hanya menyematkan tanda ‘@” atau me-mention pengguna lain.

Namun apakah akun Twitter yang kerap me-retweet akun pengguna lain adalah bot? Bisa saja demikian. Namun sayangnya Dan Zarella dalam laporan HubSpot tidak menyinggung tentang akun fake tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda