Scroll to Top

Casey Stoner Masuk ke Dalam Daftar Legenda MotoGP

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

Casey Stoner 2012

Juara dunia dua kali MotoGP, Casey Stoner, mendapat kehormatan untuk masuk ke dalam daftar elit pembalap-pembalap legenda MotoGP.

Penghargaan tersebut tepat ia dapatkan setelah menyelesaikan seri terakhir MotoGP 2012 di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia dengan hasil podium ketiga. Seri tersebut sekaligus menandai seri terakhir karir balap Stoner di ajang kejuaraan MotoGP.

Stoner yang memutuskan untuk pensiun dari arena balap MotoGP di usia yang ke-27 menjadi pembalap ke-20 yang masuk dalam daftar tersebut.

Ia mengikuti jejak sukses pendahulunya, Mick Doohan, yang juga termasuk ke dalam daftar pembalap legenda MotoGP dengan prestasi fenomenalnya, yakni juara dunia 5 kali dalam 5 tahun berturut-turut.

Sejak berkarir dari kelas 125 cc hingga masuk ke kelas premier MotoGP, Stoner telah mengumpulkan 45 kemenangan, 89 finis podium, 43 pole position, dan dua gelar juara dunia.

Beberapa diantara rekor tersebut ia dapatkan melalui penampilan fenomenalnya dalam semusim. Seperti pada tahun 2007 bersama Ducati, Stoner mengumpulkan total 10 kemenangan, 14 poduim, dan 5 pole.

Stoner mengulangi prestasi serupa pada tahun 2011 bersama Repsol Honda kali ini dengan rekor yang lebih fantastis, yakni 10 kemenangan, 16 podium, dan 12 pole position.

Catatan pole position yang diraih Stoner pada musim 2011 sukses memecahkan rekor MotoGP kategori pembalap dengan raihan pole position terbanyak dalam satu musim.

Tidak ada lagi yang perlu dibuktikan untuk menunjukan mengapa Stoner pantas masuk ke dalam daftar legenda MotoGP. Kini ia merupakan salah satu dari 20 pembalap terhebat dalam sejarah olahraga balap motor terbaik di dunia.

Daftar 20 Legenda MotoGP Sepanjang Masa :

  1.   Giacomo Agostini
  2.   Mick Doohan
  3.   Geoff Duke
  4.   Wayne Gardner
  5.   Mike Hailwood
  6.   Daijiro Kato
  7.   Eddie Lawson
  8.   Anton Mang
  9.   Angel Nieto
  10.  Wayne Rainey
  11.  Phil Read
  12.  Jim Redman
  13.  Kenny Roberts
  14.  Jarno Saarinen
  15.  Kevin Schwantz
  16.  Barry Sheene
  17.  Freddie Spencer
  18.  John Surtees
  19.  Carlo Ubbiali 
  20.  Casey Stoner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda