Scroll to Top

KPop Tetap Menjamur di Jepang Walau Sudah Dicekal

By Ika / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

Kpop Japan

Kpop berhasil mendunia, dan salah satu negara yang ikut terkena dampak hallyu wave ini adalah Jepang. Sayangnya, setelah beberapa tahun Kpop sempat populer di negeri sakura tersebut, artis-artis Korea akhirnya dicekal oleh NHK, media penyiaran milik pemerintah Jepang.

Beberapa waktu lalu, Jepang dan Korea memang terlibat perselisihan terkait wilyah kekuasaan Pulau Dokdo. Karena masalah itulah, akhirnya Kpop di-banned oleh NHK. Imbasnya, kemungkinan besar para artis Kpop tidak akan hadir dalam konser Kohaku yang digelar NHK, dimana konser tersebut adalah festival musik terbesar di Jepang.

Absennya Kpop dalam Kohaku membuat sebagian masyarakat kecewa. Sementara itu industri musik Korea Selatan juga ikut was-was, karena pencekalan tersebut bisa saja meluas, hal itu bisa berdampak buruk bagi artis Korea, karena selama ini Jepang memang menjadi target invasi Kpop terbesar dibanding negara-negara Asia lainnya.

Kpop-store

Namun sampai sekarang, pencekalan NHK terhadap idol-idol Kpop belum memperlihatkan dampak yang signifikan. Buktinya, masih banyak perusahaan Jepang yang menggunakan Kpop sebagai senjata promosi. Contohnya saja SNSD yang didapuk sebagai model G-Star RAW Jepang. Artis Korea lain seperti KARA, 2NE1, B2ST, U-KISS, atau 2AM, juga masih menghiasi banyak gedung di sana.

Kpop juga cukup mendominasi toko-toko musik di Jepang. Hal ini bisa terlihat dari banner atau poster yang tertempel di tempat tersebut, juga merchandise yang masih banyak diperjualbelikan, bahkan merchandise Super Junior tampaknya menjadi yang paling banyak dicari. Tak hanya itu, posisi puncak Oricon juga berhasil diduduki idol Kpop beberapa kali, dan hal ini membuktikan bahwa demam Korea sulit dihapus dari negeri sakura tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda