Scroll to Top

Samsung Naikkan Harga Prosesor Apple iPhone dan iPad

By Ditya / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

Perang Paten Samsung vs Apple

Samsung dikabarkan menaikkan harga prosesor untuk produk Apple seperti iPhone dan iPad. Meski keduanya terlibat perang paten yang sengit, banyak komponen produk Apple yang dipasok oleh Samsung, salah satunya adalah prosesor.

Samsung adalah pemasok utama komponen produk Samsung seperti LCD, chip memori dan prosesor pada produk-produk Apple seperti iPhone dan iPad. Saat ini Apple sedang berusaha mengurangi ketergantungan terhadap Samsung, hal ini terlihat produk-produk terbaru Apple tak lagi menggunakan chip memori dari Samsung.

Berdasarkan sumber dalam negosiasi, Samsung dikabarkan menaikkan harga prosesor untuk Apple hingga 20 persen. Prosesor yang dimaksud tak laian adalah prosesor Apple seri A yang digunakan pada iPhone dan iPad.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Apple memiliki jajaran prosesor baru, yakni A6 yang digunakan pada iPhone 5 dan A6X yang digunakan pada iPad generasi keempat. Kedua prosesor Apple ini dibuat dan diproduksi oleh Samsung.

Apple sendiri memiliki kesepakatan eksklusif mengenai pembelian chip dengan Samsung hingga 2014. Saat Samsung pertama kali mengumumkan kenaikan harga prosesor, Apple tampaknya tak setuju. Namun, setelah mengajukan beberapa syarat, Apple akhirnya dikabarkan menyetujui kenaikan harga prosesor yang dilakukan oleh Samsung.

Seperti yang dilansir dari T3 (12/11/2012), kenaikan harga prosesor Apple oleh Samsung kabarnya tak akan berpengaruh pada konsumen, karena harga produk Apple dikabarkan tak akan mengalami kenaikan.

Jika memang produk Apple tak mengalami kenaikan akibat kenaikan harga prosesor oleh Samsung, maka Apple akan menerima margin keuntungan yang lebih kecil dari setiap penjualan produk Apple seperti iPhone dan iPad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda