Scroll to Top

Ada Atraksi Lumba-Lumba Liar di Teluk Kiluan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

lumba-lumba-kiluan

Lumba-lumba memang ikan yang menggemaskan. Kepintarannya sudah cukup diakui di antara para ikan. Lumba-lumba juga kerap diketahui punya jiwa penolong. Dia pun bukan jenis hewan pengganggu dan cenderung bersahabat.

Kalau Anda penggemar ikan satu ini, nikmati saja aksinya di alam liar. Anda bisa menemukan lumba-lumba beratraksi bebas di area Selat Sunda. Sejak 2008 silam, Selat Sunda menjadi makin diminati wisatawan karena banyak lumba-lumba yang menghuni di perairan Teluk Kiluan, Selat Sunda.

Lumba-lumba yang banyak ditemukan adalah jenis hidung botol. Mereka biasa muncul pagi hari antara pukul 6 – 11 siang. Kala itu, sekumpulan lumba-lumba biasanya sedang aktif mencari ikan kecil untuk dimakan. Untuk menemukan posisinya pun mudah. Para nelayan biasanya berpatokan pada keberadaan burung. Jika sekumpulan burung mendatangi suatu titik di perairan, bisa dipastikan juga ada lumba-lumba di sana. Kedua hewan tersebut sama-sama mencari makan di lokasi yang sama.

Teluk Kiluan memiliki komunitas lumba-lumba terbesar ketiga di Asia. Jika ingin berburu atraksi lumba-lumba ini, wisatawan harus menyisihkan waktu untuk perjalanan sekitar 30-an menit memakai perahu. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan kepuasan tatkala kawanan lumba-lumba mulai beratraksi. Mereka tidak malu melompat ke atas air sambil berburu ikan. Atraksi lumba-lumba makin lengkap sewaktu mereka melompat silih berganti bersama kawanannya. Barangkali, atraksi sirkus lumba-lumba kalah menariknya dengan atraksi lumba-lumba di alam liar.

Untuk menikmati tour melihat lumba-lumba ini, wisatawan dikenakan biaya Rp 250 ribu untuk menyewa perahu Ketingting. Seperti dikutip Tourism News, inilah kendaraan utama menuju habitat lumba-lumba di Teluk Kiluan.

Foto: Harry Kawanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda