Scroll to Top

Faktor-Faktor Pemicu Penuaan Dini

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

penuaan dini

Sebenarnya menjadi tua di usia muda dipengaruhi diri sendiri. Orang yang memiliki kebiasaan hidup buruk dan cenderung tidak sehat, memiliki peluang untuk mendapatkan fisik tuanya lebih cepat. Tanda penuaan – seperti kerutan wajah, fisik melemah, beruban, dan sebagainya – muncul dari sebab akibat gaya hidup tidak sehat. Inilah beberapa kebiasaan buruk yang memicu penuaan yang dikutip dari Plasa MSN:

  • Enggan memanfaatkan otak untuk kegiatan yang melibatkan pikiran. Efeknya adalah seseorang lebih mudah mendapatkan kepikunan di usia muda. Kepikunan saat ini sudah menyerang orang-orang yang menginjak usia 30-an tahun. Jadi, sukalah dengan pekerjaan yang membuat Anda berpikir kreatif dan jauhi aktivitas yang hanya membuat kemampuan otak terbuang percuma. Contohnya, menulis atau main catur lebih baik dibanding Anda harus seharian melihat teve.
  • Suka bermalasan. Kebiasaan ini membuat tubuh melemah. Kekuatan otot tidak mampu bertahan lama ketika dipaksa untuk bekerja agak berat. Tubuh menjadi manja dan tidak terlatih, sehingga membuat seseorang tidak tahan banting dengan kegiatan yang melibatkan fisik.
  • Diet yang salah. Ada persepsi salah pada sebagian orang tentang berdiet. Mereka beranggapan diet seperti halnya puasa.Padahal, selama diet juga mesti mengisi perut dengan makanan bergizi. Misalnya, disarankan untuk lebih banyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sebagainya.
  • Merokok. Selain menjadi pemicu masalah pada paru-paru, asap rokok juga menyalurkan racun melewati darah. Salah satu efeknya adalah bertindak sebagai radikal bebas yang membuat penuaan berlangsung lebih dini. Hal ini berlaku juga bagi perokok pasif yang ikut terpapar asap rokok.
  • Polusi udara. Banyak racun yang terserap tubuh kala terpapar polusi udara. Sama seperti asap rokok, polusi udara memasukkan radikal bebas yang mempengaruhi elstisitas kulit dan memicu kanker. Imbangi masukan radikal bebas ini dengan makanan atau suplemen yang mengansung antioksidan.
  • Minum alkohol. Alkohol juga sama buruknya buat kesehatan dan kecantikan. Efek penuaan bisa muncul dengan konsumsi alkohol.
  • Stres berkepanjangan dan berpikir negatif. Stres dan mungkin depresi akan meningkatkan hormon kortisol. Begitu pula sikap berpikir negatif kerap menimbulkan cemas berlebihan. Inilah kondisi yang membuat fisik Anda ikut merasakan kejelekannya. Anda mulai beruban dan muncul banyak kerutan. Kontrol stres Anda dengan menyediakan waktu berileksasi dan kembangkan mood positif.
  • Penggunaan pil tidur. Pil ini mungkin membantu Anda tidur lebih cepat. Namun, pemakaian jangka panjang bisa mempengaruhi kulit terlihat tampak tua.
  • Faktor keturunan. Kalau kasusnya seperti ini, penuaan dini terjadi secara alami. Jika memang ada gen di tubuh Anda yang mengatur adanya penuaan di usia dini, maka hal tersebut akan terjadi tanpa menunggu usia tua. Namun, Anda bisa memperlambatnya dengan kebiasaan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda