Scroll to Top

Aston Martin Mungkin akan Jadi Milik Toyota

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Nov 2012

aston

Aston Martin, salah satu merek mobil mewah yang cukup terkenal, diisukan akan dijual. Penyebabnya adalah kondisi keuangan yang kurang baik. Padahal, selama ini perusahaan Aston Martin tidak menunjukkan tanda-tanda kekurangan dana. Bahkan, dalam beberapa tahun, catatan laporan keuangan perusahaan justru menunjukkan tren yang bagus. Produk Aston Martin yang berkelas pun mudah diserap pasar kaum borjuis.

Hanya saja, belakangan ini baru terkuak rahasianya. Pemilik 64 persen saham Aston Martin dari Kuwait, Dar Company, ternyata sedang gonjang-ganjing keuangannya. Inilah yang kemungkinan akan memaksa investor tersebut untuk melego sahamnya di Aston Martin. Sebagaimana dikutip dari Media Indonesia, Dar Company punya hutang sebanyak USD 4,9 miliar.

Sementara itu, jika saham dominan Aston Martin itu jadi dijual, nilai pasarnya bisa mencapai USD 800 juta. Dar Company sendiri dulu membelinya seharga USD 805 juta. Transaksi pembelian tersebut terjadi pada 2007 silam.

Nah, hubungannya dengan Toyota, ada kemungkinan perusahaan ini mempertimbangkan untuk membeli saham Aston Martin jika jadi dijual Dar Company. Memang belum ada pernyataan resmi soal ini. Namun seperti yang ditulis Bloomberg, Toyota telah mengutus auditor agar melakukan analisa dan mengevaluasi hal yang berkaitan dengan bisnis Aston Martin. Apalagi, kerjasama kedua produsen mobil ini terjalin cukup harmonis. Berbagai proyek sukses digarap bersama. Jadi, mungkin saja Aston Martin akan menjadi aset baru Toyota di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda