Scroll to Top

Louis van Gaal: Belanda Kalah Kelas dari Jerman

By Naqib Najah / Published on Wednesday, 14 Nov 2012

Jelang laga Belanda vs Jerman, Rabu (14/11/12) Louis van Gaal mengakui keunggulan Der Panzer. Van Gaal melihat Jerman tengah maju selangkah lebih depan ketimbang anak asuhnya.

Jerman memiliki kualitas lebih ketimbang Belanda, demikian pernyataan Louis van Gaal mengenai calon rivalnya. Amsterdam akan menjadi ajang pembuktian dua negara yang kaya akan amunisi pemain muda untuk salling menunjukkan kualitasnya. Walau hanya bertajuk laga persahabatan, namun keduanya tidak mau pulang dengan kekalahan.

Van Gaal secara pribadi mengakui kesuksesan Joachim Löw yang mampu membentuk skuad yang fantastis.

“Jerman mempunyai kualitas lebih dari Belanda. Ini adalah tentang siapa yang lebih baik. Mereka memainkan sepak bola yang fantastis saat ini. Low patut menerima penghargaan itu.”

Formasi 4-2-3-1 yang diterapkan Joachim Low nyatanya sukses membuat beberapa klub Liga Jerman mengikuti racikan tersebut. Schalke dan Dortmund tengah membuntutui kesuksesan 4-2-3-1 ala Low.

“Ia memainkan formasi 4-2-3-1, dan sekarang semua tim Jerman, Schalke dan Dortmund bermain seperti itu. Mereka melakukannya dengan sangat baik di Liga Champions.”

“Kita kita ingin menjadi juara dunia, yang perlu dimengerti adalah kita harus memiliki skuad yang hebat. Kami belum memiliki skuad yang hebat. Namun laga besok adalah hal yang tepat untuk melihat siapa yang pantas dimainkan.”

Van Gaal menjamu Jerman tanpa diperkuat striker Manchester United, Robin van Persie karena faktor kebugaran. Di sisi lain, Van Gaal sangat mewaspadai para pemain Jerman yang terbiasa bermain di level Liga Champions.

“Mereka menarik beberapa pemain dari Liga Champions. Tentu ini bukan laga yang mudah.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda