Scroll to Top

Popularitas Grup Idol Mulai Tergeser Di Korea

By Ika / Published on Wednesday, 14 Nov 2012

Idol Kpop

Fenomena Kpop yang didominasi oleh grup idol telah mewarnai industri musik Korea Selatan selama beberapa tahun terakhir. Tak hanya di Korea, dampak Korean wave juga telah menyebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri, segala sesuatu pasti akan mencapai titik jenuh, termasuk fenomena grup idol.

Industri musik Korea Selatan saat ini ternyata mulai dipenuhi oleh penyanyi-penyanyi dengan genre lain. Tak hanya itu, tren grup idol yang selama sekitar 2-3 tahun belakangan ini sangat populer, rupanya mulai tergeser. Hal ini terbukti dengan minimnya grup idol yang menempati posisi-posisi bagus di sejumlah tanggal lagu, seperti Melon dan Mnet.

Nama-nama tenar seperti SNSD, KARA, atau Big Bang, bahkan seolah menghilang dari chart-chart tersebut. Dilansir dari Kpopstarz, satu-satunya grup idol yang mungkin masih bertahan di chart (per tanggal 11 November) adalah miss A. Itupun mereka harus puas berada di Top 10 dengan menempati posisi 9.

Salah satu penyebab minimnya grup idol papan atas di chart-chart tersebut mungkin karena mereka tengah ‘beristirahat’ dan tidak mengeluarkan single/album baru. Saat mereka ‘rehat’ itulah, penyanyi-penyanyi seperti K.Will, Noel, Byul, dan Kim Jong Kook, muncul mewarnai chart.

Menurut kritikus, menurunnya pamor grup idol bukan hal yang mengejutkan. Selama ini kebanyakan grup idol mengedepankan penampilan visual untuk memikat penggemar.

Sekarang, tampaknya penikmat musik sudah lelah untuk menikmati musik dengan ‘melihat’, sehingga mereka lebih memilih musik-musik lain yang lebih berkualitas, musik yang benar-benar dinikmati oleh telinga tanpa harus melihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda