Scroll to Top

Manfaat Memiliki Kemampuan untuk Menolak Sesuatu

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Nov 2012

No

Ada dua jawaban untuk memutuskan suatu masalah: “ya” dan “tidak”. Efek yang ditimbulkan dua jawaban tersebut melibatkan konsekuensi tersendiri.  Jawaban “ya” biasanya membuat seseorang akan terlibat dengan suatu hal yang harus dilaksanakan dengan baik dan tuntas. Kalau jawabannya “tidak”, maka seseorang merasa lebih lega karena dia tidak terbebani oleh suatu hal yang ditolaknya.

Hanya saja, ada sebagian orang yang begitu sulit melakukan penolakan. Untuk mengucap kata “tidak” merasa tidak tega atau mungkin takut. Akhirnya ketidakmampuan melakukan penolakan sering membuat pikiran stres. Sebab, seseorang harus melakukan sesuatu secara tidak ikhlas.

Padahal memiliki kemampuan untuk menolak itu penting. Anda mesti menyadari, tidak semua pekerjaan bisa Anda lakukan. Setiap orang memiliki keterbatasan dalam multitasking atau mengerjakan sesuatu secara bersamaan. Begitu pula, ada banyak urusan yang mungkin bukan Anda ahlinya sehingga mesti ditolak. Sehingga, “seni menolak” wajib Anda kuasai pada tawaran terhadap hal-hal kurang penting atau di luar kemampuan Anda.

Dikutip dari She Knows, ada beberapa manfaat memiliki kemampuan untuk berkata “tidak”:

  1. Tidak banyak energi yang terbuang. Tenaga fisik Anda tidak akan terforsir dan punya energi ekstra untuk melakukan pekerjaan yang masih dalam jangkauan kemampuan Anda.
  2. Cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan utama. Setiap hari hanya ada 24 jam. Kalau Anda tidak mampu menolak yang berujung pada banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan, mungkin 24 jam masih kurang untuk menyelesaikan pekerjaan yang overload tersebut.
  3. Anda menjadi lebih percaya diri. Sebab, Anda akan menjadi sosok yang tegas. Anda pun tahu diri terhadap  batasan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas.
  4. Anda bisa mengatur agenda pribadi dengan urusan pekerjaan. Anda pun jadi punya waktu yang lebih privasi saat mampu melakukan penolakan terhadap  urusan yang cukup banyak.
  5. Orang lain jadi lebih menghormati Anda. Kemampuan menolak membuat orang lain juga sadar diri ketika akan menawarkan suatu urusan yang melibatkan diri Anda. Mereka akan pilah-pilih urusan yang hendak disampaikan pada Anda.
  6. Kehidupan menjadi lebih menyenangkan. Anda cenderung lebih mudah melepas stres. Beban hidup Anda terkontrol dan masih bisa menyempatkan untuk melakukan urusan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda