Scroll to Top

Beacon, SANAM, dan Titan: Tiga Superkomputer Paling Effisien

By Ditya / Published on Thursday, 15 Nov 2012
XeonPhi
Intel Xeon Phi

Setelah publikasi ranking TOP500 superkomputer, kini giliran Green500 mempublikasikan rankingnya. Beacon menempatai urutan pertama sebagai superkomputer paling “green” atau paling efisien disusul SANAM dan Titan superkomputer di posisi kedua dan ketiga.

Berbeda dengan daftar TOP500 superkomputer yang mengurutkan superkomputer berdasarkan performa atau komputasi yang dihasilkan, daftar Green500 menampilkan urutan superkomputer berdasarkan efisiensi penggunaan daya.

Posisi pertama didaftar Green500 adalah superkomputer Beacon, superkomputer ini adalah superkomputer paling efisien di dunia. Beacon adalah superkomputer milik National Institute for Cimputational Science yang ditenagai oleh Intel Xeon Phi.

Konsumsi daya superkomputer Beacon ini hanya 44,89 KW dan menghasilkan kinerja berbanding konsumsi daya mencapai 2.449,44 Mflops/W, melampaui superkomputer BlueGene /Q besutan IBM.

AMD FirePro S10000
AMD FirePro S10000

Posisi kedua daftar Green500 diduduki oleh SANAM superkomputer. SANAM adalah superkomputer milik King Abdulaziz City for Science and Technology. SANAM ditenagai oleh GPU (Graphics Processing Unit) dari AMD.

SANAM menggunakan 420 buah GPU AMD FirePro 10000. SANAM menghasilkan perbandingan konsumsi daya dan performa mencapai 2351,1 Mflops/W dan konsumsi daya total hanya 179 KW.

Titan Superkomputer

Posisi ketiga diduduki oleh superkomputer Titan. Titan adalah superkomputer tercepat di dunia yang menduduki peringkat pertama di daftar TOP500, tak hanya tercepat, Titan juga efisien dan menduduki peringkat ketiga di daftar Green500 sebagai superkomputer paling efisien.

Titan ditenagai oleh gabungan CPU (Central Processing Unit) dari AMD Opteron dan GPU Nvidia Tesla K20X. Superkomputer Titan ini berbasis di Oak Ridge National Laboratory.

Seperti yang dilansir dari AnandTech (14/11/2012), Titan menghasilkan kinerja berbanding konsumsi daya yang mencapai 2142,77 Mflops/W.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda