Scroll to Top

IQ Anak Bisa Rendah Jika Ibu Minum Anggur Saat Hamil

By C Novita / Published on Friday, 16 Nov 2012

IQ anak rendah jika ibu hamil minum anggur

Wanita hamil yang punya kebiasaan minum anggur atau minuman beralkohol lainnya seminggu 1 atau 2 kali, maka sang janin kelak berisiko memiliki IQ yang lebih rendah dibanding ibu yang tak memiliki kebiasaan minum anggur.

Itu adalah hasil penemuan terbaru dari peneliti Universitas Oxford dan Bristol Inggris. Penelitian tersebut melibatkan 4000 anak dengan catatan lengkap kebiasaan minum alkohol ibu mereka saat hamil.

Walau para ahli tersebut mengatakan bahwa konsumsi 1 – 2 gelas anggur per minggu efeknya sangat kecil, tapi tetap saja menghindari alkohol akan lebih baik bagi perkembangan IQ anak.

Dikutip dari situs BBC, rata-rata IQ anak dengan ibu yang meminum anggur 1 gelas per hari saat hamil mengalami penurunan 2 poin per modifikasi gen dari 4 varian gen metabolisme alkohol yang ada.

Memang efek kausal dari hubungan antara minum alkohol dan kerendahan IQ ini tak terbukti, demikian kata para peneliti. Tapi kajian menemukan bahwa paparan alkohol saat janin masih dalam kandungan bertanggung jawab pada perbedaan IQ anak.

Jadi tak benar bahwa pendapat selama ini mengatakan bahwa IQ rendah terkait semata-mata dengan ketidak beruntungan ekonomi, sosial, kesehatan atau mati muda.

“Ini bisa menjadikan wanita memutuskan apakah mereka meminum alkohol atau tidak selama hamil. Kami hanya ingin menyajikan bukti. Saya merekomendasikan untuk menghindari alkohol. Kenapa harus ambil risiko?” kata Dr. Gray yang turut dalam penelitian tersebut.

Riset itu diterbitkan di jurnal PLOS One.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda