Scroll to Top

Twitter Update Fitur Penelusuran, Kian Mirip Instagram

By Ibnu Azis / Published on Friday, 16 Nov 2012

Penelusuran Twitter

Twitter memutakhirkan fitur penelusuran mereka. Dengan update tersebut, sekilas microblogging ini kian mirip Instgram. Terlebih di hasil penelusuran untuk gambar.

Twitter beberapa kali memutahirkan fitur ini. Sejak beberapa bulan yang lalu, setidaknya laman pencarian mereka dimutakhirkan tiga kali: fitu autocomplete, queri yang berkaitan, dan koreksi ejaan.

Lewat blog mereka Twitter mengumumkan jika mulai hari ini pengguna bisa melihat hasil penelusuran yang lebih baik. Lebih baik di sini khusunya untuk konten gambar dan video.

“Mulai hari ini, Anda akan menjumpai hasil penelusuran yang lebih baik dengan highlight foto, video, dan berita yang dibagikan,” tulis Twitter di blog-nya.

Mengapa dikatakan mirip Instagram, sebab Twitter menambahkan pallette di hasil penelusuran khususnya gambar yang memiliki visualisasi mirip dengan Instagram versi web.

Sedangkan pemutakhiran yang telah diterapkan mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  • Foto dan video akan ditampilkan pertama di hasil penelusuran di atas hasil pencarian tweet dan people.
  • Berita atau news akan disematkan paling pertama pula bila tersedia di bawah foto. Nantinya akan tersemat pula ringkasan artikel secara otomatis.
  • Hasil pencarian akan disesuaikan dengan lokasi pengguna. Twitter menyebutnya dengan ‘tailored rangking’. Pola ini juga sesuai dengan tren topik mereka sebelumnya yang disesuaikan dengan lokasi pengguna (tailored suggestion atau tren yang disesuaikan).

Pemutakhiran ini bisa langsung dicoba di situs Twitter (web) atau di aplikasi smartphone seperti iOS dan Android. Sayangnya bagi pengguna Blackberry belum bisa mencicipinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda