Scroll to Top

Hanya 9 Negara di Dunia yang Miliki Akun Twitter Resmi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 16 Nov 2012

Twitter Logo

Menurut studi terbaru firma komunikasi Burson-Marsteller, hanya ada 9 negara di dunia yang memiliki akun Twitter resmi. Dari 9 negara tersebut hanya 3 yang diverifikasi oleh Twitter.

Burson-Marsteller mencoba mengamati pola komunikasi dari 193 negara anggota PBB. Studi ini mereka beri tajuk dengan nama Twiplomacy. Hasilnya, tak semua negara ‘cerdas’ dalam menggunakan Twitter. Demikian tulis AllTwitter.

Akun Twitter @GreatBritain, @Israel, dan @SouthAfrica adalah akun resmi tiga negara yang telah mendapat verifikasi. Akun-akun tersebut mendapat tandan centang biru disamping nama pengguna.

Sementara itu akun Twitter @Barbados (Barbados), @antiguabarbuda (The Antigua Barbuda), @Lithuania, dan @Spain secara teknis unofficial. Namun akun-akun tersebut digunakan untuk mewakili negara mereka dalam tujuan tertentu. Misalnya pariwisata dan toursim.

Dan yang terakhr adalah akun Twitter Swedia (@swedia). Akun ini justru dijalankan oleh warga negaranya secara bergantian. Sebuah pratik demokrasi di era media sosial.

Sementara itu Indonesia sejatinya juga memiliki akun Twitter. Beralamat di @Indonesia akun ini masif berbagi konten berita terkait dengan Indonesia dalam Bahasa Inggris. Entah apakah ini akun resmi pemerintah atau dijalankan oleh pengguna tertentu.

Matthias Luefkens dari Burson-Marsteller sukup heran dengan fenomena ini. Menurutnya, banyak negara yang tidak maksimal memanfaatkan Twitter sebagai moda komunikasi.

“Twitter adalah kendaraan yang kuat dalam berkomunikasi. Saya fikir pemerintah akan lebih aktif dalam proses komunikasi dan kinerja mereka,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda