Scroll to Top

Tips Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

By C Novita / Published on Friday, 16 Nov 2012

tips meningkatkan sistem imun tubuh

Masa panca roba alias pergantian musim seperti saat ini adalah musim banyak orang sakit karena sistem imun tubuh menurun. Bagaimana cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih tahan terhadap penyakit?

Berikut tips untuk meningkatkan sistem imun tubuh seperti dikutip dari situs Geniusbeauty:

  • Mengurangi stres.

Stres kronis selalu mengarah ke imunodefisiensi atau penurunan sistem imun tubuh. Anda perlu lebih santai dalam menghadapi permasalahan hidup, dan tidur lebih awal di malam hari agar istirahat Anda cukup.

  • Makan makanan kaya protein.

Sistem kekebalan tubuh butuh banyak protein untuk menguatkannya. Konsumsi makanan sumber protein seperti daging, susu dan berbagai produk turunannya. Juga buah dan sayur.

  • Jangan konsumsi alkohol.

Walau Anda tergoda untuk mengkonsumsi alkohol dalam pergaulan, namun sebaiknya jauhi minuman itu. Sifat alkohol adalah imunosupresan yang melemahkan sistem imun tubuh.

  • Konsumsi makanan yang meningkatkan sistem imun.

Misalnya bawang putih, bawang merah, brokoli, wortel, teh, jahe, yang mengandung zat antiseptik alami.

  • Aromaterapi.

Udara yang bersih dan harum adalah salah satu cara membuat pikiran rileks dan tenang. Beri aroma minyak teh, pepermin, eucaliptus, dan jeruk yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh juga.

  • Kegiatan fisik.

Berolahraga atau melakukan kegiatan fisik juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

  • Senyum.

Senyum akan memberi kebahagiaan dan emosi positif bagi Anda dan juga lingkungan sekitar. Mood yang lebih baik akan membuat pikiran Anda bahagia dan kebahagiaan akan membawa kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda