Scroll to Top

Lokasi Wisata Pengenang Bencana Tsunami Aceh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 16 Nov 2012

tsunami aceh

Bencana tsunami Aceh memang telah berlalu. Namun cerita tragisnya masih membuat hati berempati hingga sekarang. Wajar saja, sapuan ombak tinggi itu telah meluluhlantakkan Serambi Mekah. Ribuan korban meregang nyawa dan banyak orang kehilangan sanak saudara. Kejadian 8 tahun lalu itu sempat menjadi perhatian dunia untuk mengulurkan bantuan.

Kisah sedih di Tanah Rencong – sebutan lain untuk Aceh – itu masih menyisakan kenangan. Beberapa benda dan tempat menjadi saksi biksu dahsyatnya ombak tsunami. Anda pun bisa menikmati kenangan masa lalu itu dengan mengunjungi empat objek berikut:

1. Kapal Lam Pulo. Kapal ini meluncur dari lautan ke daratan karena terjangan ombak tsunami. Kapal ini terdampar di kawasan Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Kendaraan laut yang panjangnya 25 meter ini mendarat di beberapa atap rumah pemukiman warga. Kapal tersebut tidak lantas dipindahkan pemerintah setempat. Namun, tetap dipertahankan dan kini menjadi salah satu objek wisata.

Kapal Apung Lampulo

 

2. Kapal PLTD Apung. Kapal ini bergeser posisinya dari pantai menuju Desa Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh yang jaraknya kurang lebih empt kilometer. Saat ini, di samping kapal tersebut dibangun Monumen Edukasi Tsunami. Pengunjung bisa mendapatkan informasi dan foto tentang tsunami.

pltd apung

 

3. Kuburan Ulee Lheue. Inilah tempat pemakaman massal para korban tsunami Aceh. Jumlah orang yang dikuburkan lebih dari 14 ribu jenasah. Lokasinya ada di Jalan Sultan Iskandar Muda. Awalnya, lokasi ini bekas bangunan Rumah Sakit Umum Meuraxa yang rusak parah akibat tsunami.

makam Ulee Lheue

 

4. Museum Tsunami Aceh. Museum ini dijadikan tempat penelitian dan pembelajaran terkait tsunami. Museum ini berdiri beberapa waktu setelah tsunami Aceh terjadi.

museum-tsunami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda