Scroll to Top

Tips Menjalani Hidup Lebih Sehat Bagi Pasien Dibetes

By Ilham Choirul / Published on Friday, 16 Nov 2012

diabetes

Menjadi orang yang divonis memiliki diabetes memang mesti lebih memperhatikan cara hidup. Sebab, pasien diabetes tidak bisa sembarangan lagi terutama pada pola makan dan aktivitasnya. Meskipun diabetes bisa muncul karena bawaan, tapi zaman modern ini penyebabnya lebih didominasi oleh gaya hidup tidak sehat.

Ada banyak pencetusnya. Misalnya, seseorang terbiasa begadang dan kurang tidur, suka minum soda, berlebihan mengonsumsi karbohodrat atau gula, makan berlebihan, hingga gaya hidup kurang gerak. Kala kadar gula terus-menerus meninggi, berakibat pada munculnya resistensi insulin. Sekalipun insulin tetap diproduksi tapi tidak bisa melakukan tugasnya dengan maksimal.

Jika sudah begini, mengontrol diri adalah solusinya. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan pasien diabetes agar efek buruk penyakit ini bisa diminimalisasi. Dikutip dari Times of India, berikut ini tips menjalani hidup bagi penderita diabetes:

  1. Memahami penyakit diabetes dan cara mengobatinya. Kalau sudah kena penyakit ini, pasien mesti segera mencari tahu seluk beluk diabetes dan solusi menghadapinya. Misalnya, pada pasien diabetes tipe 1 yang terjadi karena bawaan, harus mendapatkan insulin tiap hari dan wajib diet sehat. Sementara pada pasien diabetes tipe 2, mereka sebaiknya melakukan diet sehat, berolahraga rutin, dan minum obat.
  2. Menjalani pengobatan yang kontinyu. Sebaiknya pasien diabetes menaati untuk minum obat yang diresepkan oleh dokter. Pemahaman tentang nama obat dan dosisnya harus dipahami agar pengobatan berjalan maksimal. Konsultasikan selalu dengan dokter terhadap obat-obat yang disarankan.
  3. Pilih makanan yang tepat. Pasien diabetes memiliki banyak pantangan soal menu makanan. Ikutilah saran ahli gizi untuk menjalani diet sehat. Jaga selalu berat badan dan usahakan tingkat gula darah selalu dalam posisi normal. Jangan lewatkan waktu makan dan makan cemilan tiga kali sehari dengan menu sehat agar gula darah terkontrol.
  4. Lakukan tes gula darah sendiri. Saat ini sudah banyak alat tes gula darah yang dijual bebas. Selalu cek kadar gula darah sebagai acuan untuk mengambil keputusan medis. Jika gula darah ada di angka kurang dari 70 atau lebih dari 240 dan terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan saran kesehatan.
  5. Usahakan gula darah tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kedua kondisi tersebut sama bahayanya dalam mengakibatkan komplikasi serius.. Jika gula darah Anda rendah, maka angkanya di bawah 70. Jika terlalu tinggi, angkanya di atas 240. Bagi pasien diabetes tipe 1, sebaiknya selalu cek gula darah setiap kali habis makan.
  6. Jaga diri agar tidak sampai ada luka di tubuh, terutama di kaki. Pasalnya, luka kecil di tubuh pasien diabetes bisa menimbulkan infeksi yang serius. Kalau sudah parah bahkan kemungkinan harus menjalani amputasi. Sebaiknya setiap hari lakukan cek pada kaki. Selalu  lakukan check-up ke dokter untuk mencegah komplikasi dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda