Scroll to Top

Perempat Final Piala Dunia U-20: Portugal Menyingkirkan Argentina dalam Drama Adu Penalti 5-4

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 14 Aug 2011

Argentina dipastikan akan penasaran setelah disingkirkan dalam drama adu penalti oleh Portugal di perempat final Piala Dunia U-20. Menguasai jalannya pertandingan, tim tango mesti menyerah berkat ketangguhan kiper Mika yang menepis tiga tendangan penalti Argentina.

Dalam pertandingan ini, Argentina sebenarnya lebih diunggulkan. Mengingat, sebelumnya Argentina mampu mencetak 6 gol dari 4 pertandingan; jumlah yang kontras dengan Portugal (3 gol dari 4 pertandingan). Striker Portugal memang dikenal pelit gol sepanjang turnamen, termasuk kali ini.

Awalnya, laga berjalan imbang. Kedua tim saling melepas tembakan. Portugal yang kalah dari segi penguasaan bola, bisa membalas dengan serangan yang lebih efektif. Tercatat, mereka melepas 8 tembakan tepat sasaran dari 19 percobaan. Sementara, dengan percobaan yang sama, Argentina hanya membuahkan 6 peluang emas.

Setelah banyak membuang peluang pada 90 menit, pada babak perpanjangan waktu, kedua tim sama-sama kelelahan. Alhasil, tak banyak yang berarti. Terpaksa kedua tim beradu nasib dalam babak adu penalti. Argentina yang dalam pertandingan sebelumnya lolos berkat dua tendangan penalti, lebih meyakinkan dalam tiga tendangan pertama.

Erik Lamela, Juan Iturbe, dan Hugo Nervo membawa Portugal berada dalam neraka dengan tiga eksekusi manis mereka. Sementara, dari tiga penendang awal Portugal, cuma Nuno Reis, si penendang pertama, yang berhasil. Danilo dan Roderick gagal menaklukkan kiper Argentina, Esteban Andrada. Kedudukan 1-3 untuk Argentina.

Namun, ketika Argentina tinggal selangkah lagi lolos ke semifinal,  neraka pun beralih. Rafael Lopes dan Nelson Oliviera sukses sebagai eksekutor Portugal. Ironisnya, penendang keempat dan kelima tim tango tertimpa apes. Tendangan Leandro Gonzales Pires mengantam tiang dan penalti Alan Ruiz dengan baik diamankan oleh Mika, kiper Portugal. 3-3, adu penalti dilanjutkan dengan beban berbalik.

Penendang keenam, Tiago Ferreira dari Portugal dan Agustin Vuletich dari Argentina sama-sama mulus. Penendang ketujuh Portugal, Sergio Oliviera sukses pula. Sebaliknya, Nicolas Tagliafico tak bisa memegang beban besar. Tendangannya diselamatkan Mika.

Kemenangan sensasional Portugal ini membawa mereka menuju empat besar, menunggu pemenang Brazil dan Spanyol. Sementara, langkah apik Erik Lamela dan kawan-kawan di babak penyisihan, terpaksa berakhir tragis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda