Scroll to Top

GM Pertahankan Opel Meski Terus Merugi

By Ilham Choirul / Published on Friday, 16 Nov 2012

gm-opel

Sekalipun Opel terus merugi belakangan ini, namun General Motors (GM) bersikukuh untuk tidak melego salah satu mereknya itu kepada pihak lain. Hal ini disampaikan GM kepada karyawan Opel di Jerman. GM juga menegaskan bahwa Opel juga tidak ada rencana untuk ditutup atau pun ditinggalkan meski prestasi keuangan memburuk.

Kerugian yang dialami Opel memang memburuk. Pasalnya, diperkirakan Opel bakal mengalami kerugian lagi sebesar USD 1 miliar pada tahun ini. Prestasi negatif ini menambah panjang akumulasi kerugian operasional Opel yang mencapai USD 16 miliar dalam kurun waktu 12 tahun terakhir ini. Dikutip Inautonews, kerugian besar ini membuat investor berencana melakukan divestasi saham. Namun Dan Akerson, Chief Executive GM, masih yakin jika merek ini masih layak untuk dipertahankan.

“Kerugian berlarut-larut kami bahkan telah mendorong beberapa analis berpendapat bahwa kami harus menjual Opel atau menutup toko dan meninggalkan penjualan mobil di wilayah kepada orang lain. Saya tidak akan melakukan itu,” kata Dan Akerson.

“Sebagai perusahaan otomotif global, GM membutuhkan desain yang kuat, engineering, manufaktur, dan adanya penjualan di Eropa. Ada ruang bagi Chevrolet di Eropa, namun Opel bisa memenuhi peran itu,” tambahnya.

Hanya saja para analis memperkirakan, Akerson mungkin saja tetap mempertimbangkan langkah radikal dalam penyelesaian Opel ini. Pasalnya, pada 2009 lalu, Akerson sempat punya keinginan melepas Opel pada Magna. Saat ini GM telah menyiapkan 23 mobil baru dan pengganti untuk menolong penjualan di unit Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda