Scroll to Top

Kaktus: Banyak Duri tapi Bergizi Tinggi

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 14 Aug 2011

Meski terlihat “garang” dengan banyak duri, kaktus ternyata tanaman yang punya manfaat meski hidup dengan miskin air. Banyak suku di India dan Meksiko menjadikan kaktus sebagai makanan. Selain itu, dipakai juga untuk campuran sup, selai, dan keju.

Dari sisi kesehatan, kaktus bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi atau peradangan. Bahkan, zat yang dimilikinya dengan cepat melawan gigitan serangga, gatal-gatal, dan alergi.

Satu lagi, kaktus juga mampu berperan sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan. Kandungan flavonoid-nya terbilang tinggi untuk mengaktifkan reaksi tubuh dalam melawan alergi dan virus. Sel abnormal pembentuk kanker dan tumor pun bisa dicegah. Kaktus dapat pula dipakai sebagai sarana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tepat pula dipakai untuk pengobatan dari dalam.

Zat lain yang dikandungnya adalah potasium, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C, dan beta caroten. Pada jenis kaktus pir berduri, zat tersebut bisa didapatkan pada bagian pipih besar yang berwarna hijau seperti piring oval.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda