Scroll to Top

Toyota Kembangkan Baterai Mobil Berbahan Sodium

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 17 Nov 2012

toyota ev

Di tengah gencarnya Toyota memasuki pangsa pasar mobil listrik, tersiar kabar jika pabrikan ini juga tengah mengembangkan jenis baterai baru. Toyota coba membuat baterai yang berbasis sodium-ion.  Diyakini pengembangan ini dapat meningkatkan kekuatan baterai melebihi yang sudah ada saat ini. Dalam satu kali pengisian ditargetkan dapat dipakai untuk menjalankan mobil untuk jarak 500 kilometer hingga 1.000 kilometer.

Seperti dikutip Inautonews dari surat kabar Nikkei, saat ini produsen mobil dari Jepang ini sudah membuat prototipenya. Sebuah baterai kecil dengan bentuk dan ukuran seperti koin telah dibuat dan diujicobakan kemampuannya. Hasilnya, baterai berbahan dasar sodium-ion memiliki nilai tegangan listrik 30 persen lebih tinggi dibanding baterai lithium-ion.

Artinya, bila tegangan semakin tinggi membuat performanya bisa berlangsung lebih lama. Jika nantinya diubah ke dalam bentuk baterai mobil, kekuatan yang dimilikinya membuat mobil bisa dipacu lebih jauh. Toyota turut menghitung output nilai tegangan listrik ini untuk menghitung jarak tempuh maksimal jika diterapkan untuk mobil listrik.

Dengan penemuan ini maka bisa menambah daya tarik konsumen untuk memilih mobil listrik sebagai kendaraannya. Toyota yakin jika sebuah mobil listrik jarak tempuhnya masih di bawah 500 kilometer dalam sekali charge, masih belum menjanjikan untuk populer. Rencananya, Toyota akan terus melakukan penelitian lanjutan agar teknologi baterai sodium ini layak dikomersialkan pada tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda