Scroll to Top

Real Madrid vs Athletic Bilbao 5-1: Pembantaian di Santiago Bernabeu

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Nov 2012

Real Madrid vs Athletic Bilbao 5-1

Meskipun Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol, Real Madrid sukses melakukan pembantaian di Santiago Bernabeu. Korban mereka adalah Athletic Bilbao, tim yang sebelumnya dianggap berpotensi mengganjal langkah Los Blancos. Berlaga pada Minggu, 18 November 2012, Karim Benzema dkk. menciptakan hasil pertandingan Real Madrid vs Athletic Bilbao skor 5-1. Selain Benzema yang mencetak 2 gol, Sergio Ramos, Mesut Ozil, dan Sami Khedira menjadi pencetak skor Madrid vs Bilbao. Skor besar ini menunjukkan bahwa sang juara bertahan akan terus menguntit Barcelona hingga akhir musim.

Seperti terpicu oleh kemenangan Barcelona vs Real Zaragoza 3-1 selang beberapa menit sebelum kick-off, pasukan Jose Mourinho berusaha mencetak gol secepat mungkin dalam pertandingan Real Madrid vs Athletic Bilbao. Meski Athletic sempat memberi tekanan, Los Blancos yang mencetak gol terlebih dahulu melalui Karim Benzema di menit 12.

Memanfaatkan umpan Luka Modric, penyerang Prancis menembakkan bola. Upaya Jon Aurtenetxe menekan Benzema tak membuahkan hasil. Bola melambung cantik di atas jangkauan Gorka Iraizoz. 1-0 dan Madrid seperti ingin berpesta gol.

Dominasi Madrid terus berjalan. Setelah usaha Cristiano Ronaldo di menit 24 gagal, klub ibukota kemudian menciptakan dua gol cepat di menit 30 dan 32. Gol kedua Los Blancos dini hari ini dipersembahkan oleh Sergio Ramos. Tendangan bebas Mesut Ozil ditanduknya dengan telak ke gawang Bilbao.

Real Madrid vs Athletic Bilbao 5-1 (2)

Selang dua menit, Karim Benzema membuktikan ketajamannya masih bisa diandalkan Jose Mourinho. Pemain yang meminta jatah lebih untuk turun sebagai starter ini mendapatkan bola dari Jose Callejon dalam posisi membelakangi gawang. Longgarnya pertahanan Athletic dimanfaatkan Si Nomor 9 untuk memutar badan dan mengincar sudut jauh. Gorka Iraizoz layak marah pada bairsan beknya yang seperti memberi gol-gol gratis kepada tuan rumah.

Menjelang turun minum, Ibai Gomez sempat menyalakan asa bagi tim tamu. Umpan cantik Markel Susaeta ditembakkannya ke sudut bawah gawang Iker Casillas. Sebuah harapan setelah sekian kali gawang mereka dihujani tembakan dan Gorka Iraizoz pontang-panting menghindarkan gol keempat.

Awal babak kedua, Bilbao sukses unggul dalam ball possessions. Namun, tak ada gunanya hal ini, jika melihat pertahanan mereka yang lagi-lagi mudah digedor oleh Real Madrid. Seiring dengan insiden tak ditiupnya peluit kala bola yang menyentuh tangan Fabio Coentrao di kotak terlarang pada menit 55, Los Blancos melaju.

Real Madrid vs Athletic Bilbao 5-1 (3)

Setelah mencetak dua gol, Karim Benzema kini berkontribusi. Umpan datarnya ke tengah kotak penalti dimanfaatkan dengan sempurna oleh Mesut Ozil yang dengan cantik mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang Gorka Iraizoz. Empat gol belum cukup, dan meski Ozil keluar untuk diganti Sami Khedira. Madrid masih mencetak satu gol lagi.

Adalah Khedira yang melakukannya di menit 72. Pergerakan Alvaro Arbeloa diakhirinya dengan tembakan yang membuat semua aksi brilian Gorka Iraizoz sepanjang pertandingan, berakhir sia-sia. Ia tampil menawan. Dan lima gol adalah hal yang terlalu banyak untuk kiper Bilbao. Sebaliknya, barangkali enam-tujuh gol adalah hal pantas untuk agresivitas Real Madrid yang mengerikan.

Kemenangan 5-1 adalah hasil yang wajar bagi Los Blancos. Sekaligus memberikan tekanan kepada rival sekota, Atletico Madrid, yang baru berlaga pada esok hari. Sekali terpeleset, pasukan Diego Simeone akan semakin dekat jaraknya dari sang juara bertahan.

Real Madrid
  Athletic Bilbao
29 (18) Tembakan (Tepat Sasaran) 11 (1)
15 Pelanggaran 19
11 Tendangan sudut 4
0 Offside 0
45% Ball Possessions 55%
1 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
0 Penyelamatan 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda