Scroll to Top

Legenda Timnas Indonesia Akan Dibuat Film Dokumenter

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 18 Nov 2012

Nama Ramang memang tidak terlalu populer sebagai legenda Timnas Indonesia, ditelinga pencinta sepakbola nasional. Namun siapa sangka jika pemain yang juga membela PSM Makassar ini, telah diakui Dunia atas kehebatannya mengolah si kulit bundar.

Pada 26 September lalu, FIFA ikut merayakan 25 tahun meninggalnya Ramang. Itu menandakan bahwa Ramang telah menjadi miliki dunia.

Kehebatan Ramang pada saat memperkuat Timnas Indonesia, dikenal dengan keahlian tendangan melengkung yang akurat.

Sayangnya seiring dengan perkembangan zaman, sosok Ramang mulai pudar di benak masyarakat.

Tidak banyak orang-orang yang tahu, bahwa dulu Timnas Indonesia pernah memiliki pemain sepakbola hebat yang bernama Ramang.

Dengan berdasarkan hal tersebut, produser Ichwan Persada berencana membuat film dokumenter tentang Ramang.

Film ini akan mengulas mulai dari jaman kecil, menjadi pemain dunia, hingga akhir hayatnya.

Ketika dimintai konfirmasinya, Ichwan tidak membantah hal tersebut. Kini dirinya akan melakukan penelitian lebih lanjut, untuk menghimpun data autentik tentang sosok Ramang.

“Saat ini saya sudah melakukan riset, termasuk mendatangi daerah Sumpangbinangae di Kabupaten Barru bersama Anwar Ramang (putra Ramang). Di sana merupakan tempat Ramang menghabiskan masa kecilnya” ungkap Ichwan, Sabtu (17/11/2012) sore.

Perjalanan Ichwan ke tempat masa kecil Ramang, ternyata membuahkan hasil dengan bertemunya sosok Arsyad yang merupakan satu-satunya sahabat kecil Ramang yang masih hidup.

“Di sana, kita juga ketemu satu-satunya sahabat kecil Ramang yang masih hidup, Arsyad (80). Dari dia, kita bisa mendapatkan cerita masa-masa kecil sang Legenda” jelasnya.

Ichwan berharap, film ini nantinya bisa membuka pikiran masyarakat tentang Ramang sebagai legenda Timnas Indonesia.

Selain itu, untuk memberikan motivasi kepada pemain muda saat ini untuk bisa seperti Ramang yang berjuang mati-matian tanpa memikirkan materi.

Dalam film itu juga akan menghadirkan klub PSM Makassar yang pernah dibela Ramang dan komentar pemain-pemain nasional yang sempat mengenal sosok Ramang.

“Kita juga nanti akan menghadirkan shoot PSM Makassar yang merupakan klub yang pernah dibela Ramang. Apalagi PSM juga dijuluki Pasukan Ramang. Selain itu, juga menampilkan komentar tokoh-tokoh pemain nasional terkait sosok Ramang” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda