Scroll to Top

10 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Nov 2012

sehat tulang

Belakangan ini cukup marak sosialisasi untuk menjaga kepadatan tulang. Menjaga kesehatan tulang memang penting. Pasalnya, semakin tua seseorang, maka cenderung mengalami masalah degenerasi termasuk di bagian tulang. Salah satu efeknya adalah kemunculan osteoporosis. Tulang menjadi rapuh karena banyak kalsium yang terlepas.

Oleh karena itu, menjaga tulang harus sejak usia dini. Dengan menjaga tulang sejak muda, kesehatan tulang lebih terjaga sampai lama. Degenerasi pada tulang berjalan lebih lambat dibanding tanpa upaya pencegahan. Dikutip dari Times of India, ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tulang sehat:

  1. Hindari minuman bersoda. Kandungan fosfornya yang berlebih bisa melepaskan kalsium yang ada di tulang.
  2. Konsumsi sayuran hijau, brokoli, susu, dan aneka olahan susu yang berguna untuk memasok vitamin D bagi tulang.
  3. Konsumsi bawang putih dan merah untuk mendapatkan kebaikan tulang dari zat belerang yang dikandungnya.
  4. Jauhi makanan berprotein yang bersumber dari hewan yang dikonsumsi berlebih. Sebab, daging hewan dapat melepas kalsium di tulang.
  5. Kurangi minum kopi dan teh. Lebih baik minum susu yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, protein fosfor, dan kalium.
  6. Rutinlah bergerak  dengan jenis gerakan yang aktif. Misalnya menari, berolahraga, naik-turun tangga, berjalan, latihan beban memakai barbel, dan sebagainya.
  7. Berolahraga secara aktif akan menguatkan semua otot. Semakin kuat otot, maka mencegah terjadinya osteoporosis.
  8. Konsumsi makanan herbal seperti akar dandelion, peterseli, rumput barley, dan sebagainya.
  9. Bangun pagi dan berjemurlah dengan sinar matahari pagi minimal selama 15 menit. Ini membantu mengaktifkan provitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D.
  10. Jauhi alkohol dan rokok. Keduanya bisa membuat turunnya massa tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda