Scroll to Top

Wanita Lebih Suka di Kantor, Tanda Ada Masalah Rumah Tangga

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Nov 2012

stres

Sebuah studi mengatakan, jika seorang wanita yang sudah menikah lebih suka menghabiskan waktu berlebih di tempat kerjanya, bisa menjadi sebuah tanda adalah masalah dengan rumah tangganya. Hubungan tersebut terasa sulit, sehingga memaksa wanita untuk memilih lebih lama di kantor sebagai cara menghindari masalah dan konflik. Demikian hasil studi dari London School of Economic.

Namun, peneliti belum menemukan bukti kuat bahwa setiap wanita pasti melakukan hal sama saat hubungannya bermasalah. Peneliti menemui hasil tersebut merujuk pada kasus perceraian yang terjadi selama tahun 1996 di Irlandia. Rata-rata, wanita pekerja yang terlibat perceraian lebih suka berlama-lama di kantor kala perjalanan pernikahannya mulai retak

“Kami melihat wanita berada pada risiko yang lebih tinggi dari perceraian, yang  secara signifikan meningkatkan berapa lama mereka bekerja.  Dan tidak bahwa wanita bekerja di luar rumah lebih mungkin untuk bercerai,” kata Berkay Ozcan, peneliti, seperti dikutip Times of India.

“Mereka bekerja  (lebih lama) sebagai bentuk “penyelamatan” dalam kasus perceraian atau untuk mengantisipasi kekerasan terhadap wanita,” tambahnya.

Pada studi yang melibatkan 3.000 rumah tangga itu juga menunjukkan, peningkatan pekerjaan wanita di luar rumah seringkali tidak diimbangi dengan penurunan pekerjaan rumah tangga . Termasuk pula, pekerjaan mengasuh anak tetap lebih dominan di tangannya. Sehingga, wanita yang bekerja di luar rumah memiliki beban tugas ganda dibanding suami mereka.

Hanya saja, ketika ada masalah serius membelit keutuhan rumah tangga, wanita mungkin akan mengorbankan waktu santainya untuk menghindari bertemu permasalahan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dalam jangka pendek hingga selesainya masalah, atau justru malah berakhir dengan perceraian.

Studi  ini diterbitkan dalam European Economic Review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda