Scroll to Top

Entrepreneur Punya Tubuh Lebih Sehat dari Pekerja Lain

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Nov 2012

entrepreneur

Entrepreneur atau orang-orang yang bekerja mandiri dimungkinkan memiliki fisik dan mental yang lebih sehat dibanding pekerja lainnya. Kalangan entrepreneur cenderung lebih sedikit divonis dengan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, obesitas  tinggi, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Demikian menurut studi yang dilakukan oleh Gallup.

Dalam studi ini dilibatkan 273.175 responden yang memiliki berbagai jenis pekerjaan. Ada 6.896 dari mereka yang diklasifikasikan sebagai entrepreneur, baik mereka pemilik bisnis maupun berwiraswasta.

Peneliti juga menemukan golongan entrepreneur diketahui lebih aktif dalam menerapkan gaya hidup sehat dibanding pekerja lain. Mereka lebih suka mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Peneliti mencatat kebanyakan entrepreneur berolahraga minimal empat kali dalam seminggu.

“(Sikap) disiplin dan energi yang diperlukan bagi pengusaha untuk memulai dan menjalankan bisnis mereka sendiri, juga dapat mendorong mereka untuk berolahraga, makan buah-buahan, dan sayuran secara teratur,” tulis para peneliti dalam laporan Gallup, seperti dikutip Huffington Post.

“Wiraswastawan dewasa memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal mereka sendiri, Dan dengan demikian, mungkin memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk berolahraga dan merencanakan makanan sehat dibandingkan dengan mereka yang bekerja untuk seorang majikan,” tambahnya.

Ketika peneliti membandingkan kondisi kesehatan entrepreneur dengan golongan pekerja lain, ternyata entrepreneur punya persentase yang lebih kecil untuk mengalami masalah kesehatan. Dalam studi ini ditemukan ada 19 entrepreneur yang mengalami obesitas. Tapi, pekerja lain yang mengalami obesitas sebanyak 25 persen.

Dalam kasus kolesterol tinggi, entrepreneur yang mengalaminya sebanyak 12 persen dan pekerja lain 18 persen. Untuk hipertensi, entrepreneur sebanyak 15 persen dan pekerja lain 18 persen. Penderita diabetes dari entrepreneur sebanyak 4 persen dan pekerja lain 5 persen.

Soal gaya hidup, 60 persen enrepreneur rutin berolahraga minimal tiga kali seminggu selama setengah jam. Sedangkan pekerja lain yang aktif berolahraga ada 54 persen. Dalam hal mengonsumsi makanan sehat, 67 persen entrepreneur mengonsumsinya dan pekerja lain 61 persen.

Entrepreneur juga lebih sedikit yang merokok dibanding pekerja lain. Namun, untuk asuransi kesehatan, ternyata banyak entrepreneur yang tidak memperhatikan masalah ini. Mungkin karena mereka jarang sakit atau cukup mampu biaya rumah sakit kala harus berkunjung ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda