Scroll to Top

Talenan Adalah Benda Paling Banyak Kuman di Rumah

By C Novita / Published on Sunday, 18 Nov 2012

talenan paling banyak kuman

Orang berfikir bahwa toilet atau kamar mandi pasti menjadi ruangan paling banyak menyimpan kuman di rumah. Padahal sebuah penelitian justru mengatakan bahwa talenan ternyata menyimpan paling banyak kuman di rumah.

Talenan atau alas pemotong daging dan bahan-bahan yang akan di masak menjadi tempat yang paling banyak menyimpan kuman atau bakteri. Ini karena fungsinya yang digunakan untuk memotong ayam, daging, sayur dan berbagai bahan lain yang hampir semua mengandung bakteri.

Dr Chuck Gerba, seorang professor mikrobiologi Universitas Arizona lah yang berinisiatif meneliti tentang penyebaran penyakit di rumah tangga. Termasuk pada persebaran bakteri E coli dan juga Staphylococcus aureus.

Pada hasil penelitiannya, rata-rata ia menemukan bahwa di toilet duduk, bakteri hanya ada sekitar 50 per inci persegi. Sedangkan yang mengejutkan, pada talenan di dapur jumlah bakterinya lebih banyak 200 kali dibanding toilet duduk.

Ini karena orang lebih mudah membersihkan toilet duduk dengan berbagai macam obat pembersih yang tersedia.

Anda ingin tahu urutan benda paling jorok yang biasanya ada di rumah? Simak berikut ini:

  • 1. Talenan.

Bakteri pada talenan berkembangbiak dengan pesat karena berasal dari berbagai daging dan sayur. Jika Anda membersihkan talenan seperti Anda membersihkan toilet Anda, maka jumlah bakteri tak akan sebanyak itu.

  • 2. Spon pembersih/lap. Pada lap atau spons terdapat sekitar 10 juta bakteri tiap inci per segi.
  • 3. Lemari es.
  • 4. Kamar mandi.
  • 5. Keranjang belanja.

Dr. Gerba mengatakan bahwa jika di kantor, barang yang paling banyak mengandung kuman adalah telepon dan desktop. Ini karena banyak tangan yang memegang kedua benda tersebut sehingga pertukaran bakteri terjadi dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda