Scroll to Top

Facebook dan Yahoo! Bergabung Buat Search Engine?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 19 Nov 2012

Facebook Search

Facebook dan Yahoo! dilaporkan sedang bekerjamasa untuk sebuah kesepakatan baru. Apakah dua raksasa perusahaan internet tersebut berencana membuat mesin penelusuran baru?

Laporan ini pertama kali ditulis oleh The Sunday Telegraph. Dikabarkan jika CEO Yahoo! Marissa Mayer dan COO Facebook Sherly Sandberg keduanya telah berbicara untuk sebuah kesepakatan terkait dengan mesin pencarian.

Perlu diketahui sebelumnya, baik antara Marissa Mayer dan Sherly Sandberg adalah manan rekan kerja. Keduanya pernah satu ‘rumah’ di Google. Sehingga tak sulit bagi mereka untuk saling berkomunikasi.

Mark Zuckerberg sediri pada bulan September silam pernah berujar jika masa depan pencarian Facebook cerah. Setidaknya terjadi miliaran kueri per hari yang merupakan potensi dan modal yang berharga bagi search engine mereka kelak.

“Ada miliaran kueri per hari. Sebagian dari mereka (pengguna) berusaha menemukan orang, laman, merek, atau aplikasi. Ada peluang dari pencarian,” ujarnya.

Sementara itu The Next Web menulis jika kerjasama Yahoo! dan Facebook ini bisa saja mengganti kedudukan Bing. Saat ini Facebook dan Bing memang bekerjasama.

Mesin pencarian Microsoft, Bing, telah menghiasi laman pencarian Facebook di tab web result. Jika pengguna mencari konten di kotak penelusuran Facebook, dan menklik tab web result, maka akan ditampilkan hasil temuan Bing dari situs web.

Bisa saja Marissa Mayer dan Sherly Sandberg sepakat akan kerjasama ini, menggusur Bing dari Facebook. Namun bisa pula antara Yahoo! dan Facebook bermitra membuat search engine sendiri. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda