Scroll to Top

FB Paksa Pengguna Gunakan Koneksi Aman

By Ibnu Azis / Published on Monday, 19 Nov 2012

Facebook Security

Sebentar lagi pengguna Facebook akan dipaksa menggunakan koneksi aman. Tak lama lagi FB akan menerapkan secure connection di 1 miliar pengguna jejaring sosial tersebut.

Keamanan pengguna sangat penting bagi Facebook. Ketika mereka memiliki 1 miliar pengguna lebih yang tergabung, satu hal yang menjadi fokus Facebook adalah soal keamanan.

Namun Facebook tak ingin mengorbankan kecepatan. Itulah mengapa mereka menghabiskan dua tahun ini untuk perbaikan infrastruktur sehingga transisi semua pengguna ke HTPPS yang akan dimulai minggu ini bisa berlangsung dengan maksimal.

HTTPS

Facebook telah lama menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) untuk melindungi pengguna ketika mereka ‘mengirim’ username dan password tatkala login. HTTPS juga ditawarkan pada pengguna pada bulan Januari 2011 silam untuk menenskripsi browsing pengguna tatkala beraktivitas di Facebook.

Koneksi Aman

Kala itu Facebook ‘memeringatkan’ pengguna jika laman berenskripsi akan ‘memakan’ waktu lebih lama jika dibandingkan dengan laman non HTTPS. Sehingga proses muat akan lebih lambat daripada laman non berenskripsi.

Namun Facebook telah siap untuk menawarkan halaman HTPPS sebagai default setiap kali pengguna login. Selama dua tahun ini mereka bekerja keras untuk tetap memertahankan kecepatan meski dalam koneksi aman.

“Minggu ini kami mulai menggelar HTTPS untuk pengguna di Amerika Utara. Nantinya sesegara mungkin koneksi aman tersebut akan diluncurkan ke seluruh dunia,” ujar Facebook dalam sebuah postingan di Facebook Developer Blog.

TechCrunch menulis bisa saja proses muat akan lebih lambat. Loading akan lebih berat karena koneksi HTTPS. Namun keamanan pengguna Facebook menjadi prioritas utama. Meski agak sedikit melamban, tetapi akun dan data pengguna dijamin lebih aman dengan koneksi HTTPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda