Scroll to Top

Apple Beli 1.024 Paten Dari Konsorsium Rockstar, Sebagai Senjata Perang Paten?

By Ditya / Published on Monday, 19 Nov 2012

ipad mini tidak menggunakan prosesor Apple

Apple dikabarkan telah mengonfirfirmasi pembelian 1.024 paten milik Konsorsium Rockstar. Langkah pembelian paten dalam jumlah besar oleh Apple ini disinyalir akan menjadi senjata Apple untuk perang paten melawan Samsung, benarkah?

Hal yang sama pernah dilakukan Google dengan cara yang berbeda dengan Apple. Google membeli Motorola Mobility untuk mendapatkan paten yang dimiliki Motorola dengan alasan yang sama, sebagai senjata jika terjadi sengketa paten.

Paten kini menjadi isu yang cukup penting di perkembangan teknologi dan gadget dewasa ini. Apple telah terlibat sengketa paten dengan beberapa produsen seperti HTC, Samsung, dan produsen jam asal Swiss, beberapa diantaranya telah selesai dengan damai.

Regulator Korea dan US Patent dan Trademark Office database telah mengkonfirmasi adanya paten dan paten aplikasi yang ditransfer dari Konsorsium Rockstar ke Apple. Rockstar sendiri telah ‘menampung’ banya paten dari banyak perusahaan teknologi selama enam bulan terakhir ini.

Konsorsium Rockstar sendiri adalah konsorsium yang terdiri dari perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Apple, EMC, Erricsson, Microsoft, Research In Motion dan Sony Mobile. Konsorsium Rockstar ini secara kolektif telah membeli 6.000 portofolio paten dari Nortel Networks dengan nilai USD 4,5 miliar pada Juni 2011 lalu.

Paten yang dibeli oleh Konsorsium Rockstar ini sebagian besar berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi, seperti paten semikonduktor, teknologi nirkabel, teknologi nirkabel 4G, data networking, optik, suara hingga internet.

Seperti yangdilansir dari TomsHardware (18/11/2012), Apple sendiri telah menyumbang dana USD $2,5 miliar untuk kesepakatan pembelian 6.000 paten milik Nortel Networks yang berarti Apple telah memilki akses terhadap paten yang telah diakuisisi tersebut. Namun, memiliki akses berbeda dengan memiliki hak paten, maka dari itu Apple melakukan pembelian 1.024 paten untuk memiliki hak paten tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda