Scroll to Top

Nintendo Wii U Dibongkar, Gunakan Prosesor IBM Dan Grafis Dari AMD

By Ditya / Published on Monday, 19 Nov 2012

Wii U

Konsol andalan Nintendo, Wii U telah diluncurkan. Wii U ini akan bersaing dengan konsol PlayStation 3 dan Xbox 360. Penasaran? Anandtech telah membongkar Nintendo Wii U yang menggunakan prosesor IBM PowerPC dan grafis dari AMD.

Konsol Nintendo Wii U ini hadir dengan 2 pilihan, yakni Kit dan Deluxe. Nintendo Wii U Kit adalah versi standar yang mengusung warna dasar putuh glossy dengan memori internal sebesar 8GB.

Sedangkan Nintendo Wii U Deluxe adalah versi diatas Kit yang mengusung warna dasar hitam glossy dan dilengkapi dengan memori internal sebesar 32GB. Kedua versi ini hadir bersama stand cradle dan WiiU GamePad. Kit dijual dengan harga USD $299 dan Deluxe dijual dengan harga USD $349.

WiiU heat

Anandtech mengatakan bahwa untuk membuka konsol Nintendo Wii U ini hal yang pertama dilakukan adalah melepas baterai CMOS diikuti melepas selapan sekrup. Konsol Nintendo Wii U ini format game kustom yang mirip sekali dengan Blu-ray disc yang berkapasitas 25GB ditiap kepingnya.

Setelah dibongkar, terlihat bahwa konsol Nintendo Wii U ini ditenagai oleh prosesor IBM PowerPC multicore yang dibuat dengan proses 45 nanometer. Konsol ini Nintendo Wii U didukung memori RAM sebesar 4 x 512MB atau 2GB DDR3-1600 yang mengganakan chip daru Hynix. Memori RAM ini dibagi untuk prosesor (CPU) dan grafis (GPU).

PCB WiiU

Seperti yang dilansir dari Anandtech (18/11/2012), grafis konsol game Nintendo Wii U ini menggunakan grafis dari Advanced Micro Device (AMD) yang berasal dari keluarga chip Radeon RV7xx yang dibuat dengan proses 40 nanometer.

Konsol Nintendo Wii U ini termasuk hemat energi. Konsol besutan Nintendo ini hanya mengonsumsi daya 33W saat digunakan untuk bermain game Super Mario U dan 28,5W saat playback Netflix.

Nintendo Wii U datang dengan browser bawaan yang menggunakan mesin rendering WebKit, sama dengan yang digunakan pada browser Google Chrome atau Apple Safari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda