Scroll to Top

Aplikasi Apple Palsu Muncul di Google Play Store

By Ditya / Published on Monday, 19 Nov 2012

Apple Palsu

Baru-baru ini muncul beberapa aplikasi buatan Apple seperti iPhoto, iMovie, Garage Band, Pages, Numbers dan Keynote di Google Play Store. Bagaimana bisa Apple membuat aplikasi untuk platform pesaingnya? Jelas, aplikasi tersebut adalah palsu.

Apple tentu tak akan mau membuat aplikasi besutannya hadir di platform kompetitor seperti Google Android. Pengguna awam mungkin akan tertipu karena aplikasi-aplikasi tersebut terlihat seperti buatan Apple. Hal ini terlihat dari kode hingga versi aplikasi tersebut sama sekali baru dan ditujukan ke pasar Android yang sangat terfragmentasi.

Pengguna Android mungkin akan sedikit kaget, kenapa ada aplikasi Apple di Google Play Store? Jika memang Apple memporting aplikasi tersebut ke platform Android, tentu hal ini adalah sebuah langkah yang bersebrangan dengan image Apple selama ini yang selalu terlihat eksklusif. Jelas, aplikasi tersebut adalah palsu.

Aplikasi Apple palsu yang hadir di Google Play Store adalah aplikasi yang telah populer di kalangan pengguna Mac OSX dan iOS. Aplikasi tersebut terdiri dari foto organizer iPhoto, editor video iMovie, studio musik digital Garage Band dan aplikasi office suite iWork yang terdiri dari Pages, Keynote dan Numbers.

Aplikasi-aplikasi palsu tersebut ditawarkan dengan harga antara USD $4,98 hingga USD $9,97. Aplikasi palsu ini diduga kuat telah disusupi malware atau adware yang siap menyerang pengguna jika membeli aplikasi palsu ini.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (18/11/2012), tentu saja Apple tak akan memasarkan aplikasi buatannya ke platform milik pesaing. Google dikabarkan telah melakukan tindakan dengan menghapus aplikasi aplikasi Apple palsu tersebut dari toko aplikasinya.

Google tampaknya perlu lebih ketat lagi mengawasi toko aplikasi Play Store agar tidak kecolongan seperti kasus aplikasi palsu Apple yang berhasil berkeliaran di Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda