Scroll to Top

Intel Siapkan Bay Trail-T, Prosesor Tablet Quad Core

By Ditya / Published on Tuesday, 20 Nov 2012

Intel Bay Trail-T

Sebuah slide presentasi roadmap prosesor Intel telah bocor dan mengungkapkan bahwa Intel telah menyiapkan prosesor quad-core untuk perangkat ultra mobile computing seperti tablet melalui prosesor Atom Bay Trail-T.

Prosesor dengan 4 inti pemrosesan atau quad-core ini akan meluncur pada tahun 2014 nanti dan dibekali dengan grafis yang telah mendukung standar Microsoft DirectX 11 yang dibungkus dalam sebuah Soc (System on Chip) Valley View-T.

Berbeda dengan kebanyakan prosesor tablet yang menggunakan arsitektur ARM seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra 3, TI OMAP atau MediaTek, Intel cukup percaya diri menggunakan basis arsitektur x86 seperti prosesor Intel lainnya.

Intel Bay Trail-T ini menawarkan banyak kelebihan dibanding pendahulunya, Clover Trail. Intel Bay Trail-T diproduksi dengan proses 22 nanometer yang menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah serta peningkatan performa secara signifikan.

SoC Valley View-T ini hadir dengan varian dual-core dan quad-core yang menawarkan peningkatan kinerja hingga 50-60 persen. Tak hanya itu, prosesor terbaru Intel ini datang dengan varian kecepatan antara 1,6 hingga 2,1GHz dan membuatnya percaya diri akan mempermalikan prosesor berbasis ARM Cortex-A15.

Kelebihan lain dari SoC Intel Valley View-T ini adalah kemampuan grafisnya yang superior. Intel tak lagi menggunakan grafis dari PowerVR, melainkan menggunakan grafis generasi ketujuh buatan Intel yang memiliki dukungan terhadap DirectX 11 serta sukungan resolusi 2560 x 1600 piksel.

Seperti yang dilansir dari MobileGeek (19/11/2012), prosesor terbaru Intel ini juga menjanjikan konsumsi daya yang rendah sehingga tablet akan dengan mudah melewati 10 jam masa pakai baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda