Scroll to Top

Sisa Pestisida Pada Buah dan Sayur Bisa Memicu Kanker

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Nov 2012

pestisida pada sayur memicu kanker

Sebuah riset menemukan bahwa sisa pestisida yang digunakan untuk tanaman sayur dan buah dapat memicu kanker pada anak-anak. Penelitian tersebut dilakukan oleh tim dari California University, Amerika Serikat.

364 orang anak yang berumur antara 2-5 tahun dilibatkan dalam penelitian tersebut. Davis, seorang tim peneliti mengambil data tentang makanan yang dikonsumsi serta faktor lain penyebab paparan racun pada para anak tersebut.

Dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi tersebut ditemukan 44 jenis dengan kandungan racun berkonsentrasi cukup tinggi.

Jenis pestisida adalah racun yang ditemukan dalam beberapa jenis buah dan sayur semisal tomat, paprika, selada, brokoli, bayam, buncis, apel, anggur, strawbery, pir, serta buah lain.

Dikutip dari Dailymail, Dr Rainbow Vogt sebagai pemimpin peneliti mengatakan:

“Fokus penelitian dilakukan pada anak-anak sebab paparan zat berbahaya tersebut sejak dini terancam berakibat pada jangka panjang atau di masa dewasanya.”

Cara menghindari resiko buruk tersebut tanpa menjauhkan sayur dan buah dari anak cukup mudah. Pertama, lenyapkan pestisida dengan cara mencuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi.

Kedua, jika memungkinkan maka pilih buah dan sayur organik alias yang tak menggunakan bahan kimia dalam memusnahkan hama.

Ketiga, berikan pada anak makanan yang bervariasi. Tidak hanya satu jenis sayur dan buah saja, melainkan berbagai macam makanan sumber vitamin lainnya.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan pada Journal Environmental Health.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda