Scroll to Top

Hasil Akhir Motogp Ceko: Casey Stoner Pimpin Honda Sapu Bersih Podium

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 14 Aug 2011

Casey Stoner BrnoBalapan yang menggembirakan bagi produsen mesin Honda di Brno. Tiga pembalap mereka dari dua tim yang berbeda Repsol Honda dan Gresini Honda sukses menyapu bersih podium finis pada seri pembuka usai jeda paruh musim.

Casey Stoner memimpin sukses Honda dengan menyabet podium utama. Stoner menyelesaikan balapan dalam waktu 43:16.796 unggul 6.5 detik dari rekan satu timnya Andrea Dovizioso dan pembalap Gresini Honda Marco Simoncelli.

Ini merupakan kali pertama Simoncelli berhasil meraih podium pertamanya sepanjang musim.

Jalannya balapan berlangsung alot pada putaran awal. Jorge Lorenzo yang melakukan start dengan baik sempat memimpin jalannya lomba.

Namun, tidak lama kemudian Dani Pedrosa yang memulai balapan dari pole berhasil menyusul Lorenzo diikuti oleh rekan satu timnya Stoner yang juga memanfaatkan momentum yang sama.

Malang bagi Pedrosa yang malah gagal finis akibat terjatuh usai memenangkan duel dengan Jorge Lorenzo pada saat lomba baru berjalan tiga putaran. Pedrosa kehilangan kendali motornya sehingga harus tergelincir dan gagal melanjutkan lomba.

Stoner pun melesat tak terkejar di posisi pertama. Sementara Lorenzo terlibat pertarungan memperebutkan posisi kedua dengan rekan satu tim Stoner yang lain, Andrea Dovizioso, yang akhirnya dimenangkan oleh Dovizioso.

Suasana semakin memburuk buat Lorenzo ketika pembalap Honda lainnya Marco Simoncelli menyusulnya pada saat lomba menyisakan 13 putaran. Lorenzo pun harus puas finis di posisi keempat diikuti rekan satu timnya, Ben Spies, di lima besar.

Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi keenam menutup balapan kali ini di posisi yang sama. Nicky Hayden dan Colin Edward masing-masing finis di posisi ketujuh dan kedelapan. Hiroshi Aoyama dan Hector Barbera melengkapi posisi 10 besar.

Total empat pembalap yang gagal finis pada balapan kali ini. Selain Dani Pedrosa ada pembalap tuan rumah Karel Abraham yang mengalami kerusakan mesin akibat terjatuh pada awal lomba.

Sebelumnya, Lawan terdekat Abraham, Carl Cruthlow, juga terjatuh hebat pada tikungan pertama selepas lintasan lurus. Yang terakhir dan yang paling menyakitkan adalah Alvaro Bautista dari Rizla Suzuki.

Bautista sedang dalam posisi mengejar Valentino Rossi pada fase akhir lomba. Namun, ia kehilangan kendali motornya pada tikungan kedua sebelum lintasan lurus. Ia pun terjatuh dan gagal meneruskan lomba.

Hasil Akhir Motogp Brno, Ceko: 

  1. Casey Stoner Repsol Honda 43:16.796
  2. Andrea Dovizioso Repsol Honda + 6.532s
  3. Marco Simoncelli Gresini Honda + 7.792s
  4. Jorge Lorenzo Yamaha + 8.513s
  5. Ben Spies Yamaha + 10.186s
  6. Valentino Rossi Ducati + 12.632s
  7. Nicky Hayden Ducati + 23.037s
  8. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 24.189s
  9. Hiroshi Aoyama Gresini Honda + 25.202s
  10. Hector Barbera Aspar Ducati + 36.566s
  11. Toni Elias LCR Honda + 36.679s
  12. Randy de Puniet Pramac Ducati + 37.109s
  13. Loris Capirossi Pramac Ducati + 48.911s
Retirements
  • Alvaro Bautista Suzuki
  • Karel Abraham Cardion AB Ducati
  • Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha
  • Dani Pedrosa Repsol Honda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda