Scroll to Top

Lionel Messi Sang Penakluk Rekor

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 21 Nov 2012

Lionel Messi Sang Penakluk Rekor

Lionel Messi mencetak gol lagi, Barcelona menang lagi. Si Nomor 10 membobol gawang lawan lagi, rekor demi rekor dipecahkan lagi. Ia seperti ditakdirkan untuk menaklukkan sejarah. Semua rekor dunia atas nama bintang sepakbola lain, seperti akan diserobot sendirian oleh King Leo. Dan dua gol yang dicetaknya ke gawang Spartak Moscow untuk kemenangan Barcelona 0-3, membuat Messi menyetarai catatan demi catatan para penyerang top. Sebutkanlah rekor mencetak 25 gol internasional oleh Vivian Woodward dan rekor mencetak gol Ruud Van Nistelrooy di ajang Liga Champions.

Siapakah Lionel Messi? Ia mungkin benar-benar alien. Dengan usia yang masih cukup belia, 25 tahun, Si Nomor 10 seperti tak berhenti menembus rekor demi rekor. Tak terkecuali ketika ia membantu Barcelona lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2012-2013 ini, saat Barca membunuh Spartak Moskow dalam drama satu babak. Messi, menyamai rekor dua orang sekaligus.

Sedikit  menarik mundur ke belakang, ketika Pele mencetak 75 gol pada tahun 1958, barangkali tidak ada yang menyangka bahwa lebih dari 50 tahun kemudian, ada seseorang yang dianggap sebanding dengan O Rei, mampu melampaui catatan sang megabintang.

Ya, dialah Lionel Messi. King Leo telah memecahkan rekor Pele dengan mencetak lebih banyak gol. Total, hingga pertandingan melawan Spartak Moskow, sepanjang tahun 2012 Messi sudah mencetak 80 gol. Atau, 5 gol lebih banyak daripada legenda Brazil.

Sensasi Messi dua pekan lalu –ketika mematahkan rekor Pele– seakan menjadi berita basi, ketika kita melihatnya merusak rekor lain. Dengan dua gol yang dicetak ke gawang Spartak Moskwa, Messi berarti menyetarai seorang Ruud Van Nistelrooy.

Ruudje tercatat sebagai top skorer kedua Liga Champions sepanjang masa dengan 56 gol (tidak termasuk gol di babak kualifikasi). Dan Messi, di tahun kedelapannya bertarung di kompetisi terelite Eropa ini, sukses mencetak jumlah gol serupa. Cukup unik, baik Messi maupun Van Nistelrooy sama-sama mencetak 56 gol dari 73 laga.

Kini, target Messi adalah melampaui rekor Raul Gonzalez sebagai top skor Liga Champion sepanjang masa dengan 71 gol. Artinya, butuh 16 gol lagi bagi Messi. Hal yang terlihat mudah dengan usianya saat ini.

Tak hanya Rudje yang harus berbagi tempat dengan Messi. Tetapi juga seorang pria bernama Vivian Woodward. Dengan 2 gol ke gawang Spartak, total Messi sudah mencetak 25 gol internasional dalam setahun. Catatan ini artinya menyamai rekor yang dipegang oleh Vivian Woodward dari Inggris pada tahun 1909. Ketika itu, sama sepeti Messi, Woodward mencetak 25 gol internasional.  Dan, Anda tahu berapa tahun rekor 25 gol internasional dipegang Woodward sendirian? 103 tahun! Tak salah jika kita sebut Messi sebagai penakluk rekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda