Scroll to Top

Sea Ghost Project: Robot Kapal Tanpa Awak Kerjasama UI dan TNI

By Ditya / Published on Wednesday, 21 Nov 2012

Kapal Tanpa Awak

Sea Ghost Project adalah sebuah proyek robot kapal tanpa awak yang digarap oleh Universitas Indonesia dan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) untuk pertahanan Indonesia.

Tren kendaraan perang tanpa awak atau unmanned vehicle ini semakin meningkat. Selain lebih hemat, kendaraan tanpa awak ini sangat cocok digunakan untuk misi khusus atau reconnaissance mission maupun misi penyerangan tanpa risiko kehilangan personel.

Berbagai proyek pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) telah ramai muncul di Tanah Air. Kini muncul proyek serupa untuk matra laut, yakni Sea Ghost Project yang digarap oleh UI dan Mabes TNI.

Sea Ghost Project yang berupa kapal tanpa awak ini dikendalikan melalui komunikasi satelit yang dapat dilakukan untuk misi pengintaian, penyusupan, dan penyerangan. Mabes TNI juga telah menyediakan Pusinflahta untuk melakukan perlawanan jika terjadi serangan dari peretas atau virus.

Prototipe Sea Ghost Project ini diberi nama Makara-02 yang merupakan hasil pengembangan dari Makara-01 yang sebelumnya manjadi andalan untuk lomba di Amerika Serikat. Makara-02 dikendalikan otomatis berdasarkan sensor kamera dan memiliki dimensi 4,94 kaki x 2,96 kaki x 0,73 kaki.

Prototipe Makara-02 ini telah dipamerkan di ajang Indo Defence 2012 di stand TNI yang diselenggarakan di Jakarta International Expo. Tim dari Universitas Indonesia (UI) menurunkan mahasiswa terbaiknya, yakni M Hary Mukti dan Aditya Meisar dari Teknik Perkapalan, Ricky dari Teknik Mesin, Novika Ginanto dan Irfan JP Ellika dari Teknik Elektro dan M Anwar Ma’sum dari Ilmu Komputer.

Seperti yang dilansir dari OkeZone (20/11/2012), Makara-02 merupakan perpaduan antara small waterplane area twin hull (SWATH) dan Wave Piercing. Makar-02 ini juga berfungsi sebagai model uji towel tank untuk memprediksi hambatan pada Sea Ghost Project.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda