Scroll to Top

Musik Rap Gaya Bebas Memicu Otak Kreatif

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 21 Nov 2012

eminem

Musik rap gaya bebas (feestyle rap) dapat meningkatkan kinerja bagian otak yang memroses kreativitas. Di lain sisi, musik rap juga menurunkan kerja daerah otak yang melakukan proses pengaturan dan pengawasan. Demikian menurut studi National Institute on Deafness and Other Communication Disorders di National Institutes of Health.

Keunikan musik rap dalam memperngaruhi kreativitas ini kemungkinan dipicu oleh sifat dari rap yang sering berimproviasi, spontan, lirik komunikatif, dan sebagainya Peneliti memeriksa 12 otak rapper  menggunakan alat fMRI. Mereka diminta untuk berimprovisasi membuat lirik saat menyanyi dan menyanyi dengan lirik yang sudah dilatih sebelumya.

Hasilnya, ketika rapper melakukan rap gaya bebas, ada penigkatan aktivitas otak di daerah yang bertanggung jawab pada kemunculan motivasi, bahasa, tindakan, emosi, dan ketrampilan motorik. Tapi, ada penurunan aktivitas di daerah otak yang mengatur pengawasan  dan pemantauan.

Seperti dikutip Huffington Post, improviasasi dalam memadukan musik dengan lirik yang dibuat secara spontan ini memicu otak untuk makin kreatif. Aktivitas sangat tinggi muncul di korteks frontal. Peneliti mengatakan, ada sisi otak yang menjadi sangat aktif dan pasif saat nge-rap gaya bebas dilakukan.

“Tampaknya memiliki konsekuensi fungsional luas, yang mempengaruhi motivasi, emosi, bahasa serta kontrol motor, dan mungkin generalisasi ke bentuk lain dari perilaku kreatif spontan,” kata peneliti yang studinya dimuat dalam publikasi Nature.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda