Scroll to Top

PSSI Kerjasama Dengan SDG Hadapi Kejahatan Sepakbola

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 21 Nov 2012

PSSI pimpinan Djohar Arifin, sepertinya benar-benar konsisten dalam memerangi kejahatan dalam sepakbola. Alhasil, Sport Data Group (SDG) pun digandeng dalam merealisasikan tujuan PSSI demi perkembangan sepakbola Indonesia.

SDG merupakan salah satu organisasi yang didirikan di Inggris. Organisasi yang baru terbentuk setahun ini, bertugas membongkar kejahatan sepakbola diantaranya praktek suap, pengaturan skor, dan korupsi dalam dunia olahraga.

Sebagai organisasi yang konsisten terhadap kejahatan di dunia sepakbola, SDG juga pernah membantu induk organisasi sepakbola dunia, FIFA.

Ketika dimintai konfirmasinya, PSSI yang diwakili Halim Mahfudz menyambut baik kerjasama ini. Kerjasama dengan SDG sangat membantu kinerja PSSI, terutama dalam mengatasi praktek suap dan pengaturan skor.

“Seperti diketahui, PSSI mengalami banyak hambatan seperti praktek peninggalan masa lalu terkait match fixing dan menyangkut suap. Hal ini menghambat kinerja PSSI” ungkap Halim, Selasa (20/11/2012).

Dengan kerjasama ini diharapkan mengembalikan intergritas sepakbola Indonesia, sehingga menimbulkan kepercayaan pihak sponsor untuk bekerjasama dengan PSSI.

“Kerja sama ini akan dibangun secara terus menerus supaya sepakbola Indonesia bisa bersih. Kompetisi internal juga akan diawasi. Dalam tiga sampai enam bulan ke depan, kita susun MoU, kemudian tentukan prioritas” tambah Halim.

Sementara itu dalam konfirmasinya, Michael Braid selaku Investigator SDG untuk kawasan ASEAN juga menyambut baik kerjasama dengan PSSI.

Apalagi menurut data yang berhasil dihimpun, PSSI merupakan satu-satunya federasi di kawasan Asia yang menjalin kerja sama dengan SDG.

“Kami kumpulkan data terkait pengaturan skor, suap, dan disampaikan pada federasi yang memerlukannya. Kini, kita berdiskusi dengan PSSI agar sepakbola Indonesia bisa lebih baik di masa depan. Saya berharap hubungan kita bisa terjalin erat dan sukses” ungkap Braid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda