Scroll to Top

Manchester City vs Real Madrid 1-1: Los Blancos Lolos, City Tersingkir

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Manchester City vs Real Madrid 0-1:

Manchester City memastikan diri tak akan lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2012-2013. Bermain di kandang sendiri, Etihad, pada Kamis, 22 November 2012, pasukan Roberto Mancini hanya bisa memaksakan hasil pertandingan Manchester City vs Real Madrid skor 1-1. Label grup neraka untuk Grup D benar adanya. Setelah Karim Benzema menjadi pembuka skor City vs Madrid, tuan rumah seperti terpedaya dengan pesona tim tamu. Barulah penalti Sergio Aguero di menit 73 menyelamatkan nasib Manchester City untuk tidak dipermalukan. Hasil Liga Champion ini di satu sisi menampar muka juara Liga Inggris, dan di sisi lain memastikan tiket babak perdelapan final untuk Real Madrid.

Dalam pertandingan Manchester City vs Real Madrid yang menjadi partai penentuan nasib tuan rumah di Grup Neraka, Roberto Mancini memilih untuk menurunkan langsung Edin ‘Super Sub’ Dzeko dengan Sergio Aguero. Sementara itu, Jose Mourinho yang menyatakan The Citizens akan tersingkir dari persaingan, kembali mempercayakan penyerang tunggal pada sosok Karim Benzema.

Bermain melawan Real Madrid, Anda akan kesulitan karena dari sebuah kejadian yang ‘tidak ada’, gol bisa saja terjadi. Etihad tidak akan menyangka City terbobol dengan mudah. Menit 10, umpan silang Angel Di Maria ke tengah kotak penalti, dimanfaatkan dengan sempurna oleh Karim Benzema. Maicon yang terlalu tua seperti kehilangan penyerang Prancis begitu saja.

Manchester City vs Real Madrid 0-1:

Manchester City vs Real Madrid (1)

Setelah Sami Khedira dua kali kehilangan peluang, Real Madrid seakan memetik gol kedua ketika Cristiano Ronaldo yang bergerak di sisi kanan, lolos dari jebakan off side, lantas mencongkel bola melewati Joe Hart. Matija Nastasic membuang bola sebelum melewati garis, dan percobaan kedua CR7 meleset. Mimpi buruk City berlanjut. Ketika mereka mesti menang dan mulai menyentuh daerah Iker Casillas, Los Blancos malah menjadikan gawang mereka sebagai sasaran tembakan. 7 peluang dalam 20 menit menunjukkan siapa Real Madrid.

Sejatinya dengan formasi 3-5-2 yang bisa cair menjadi 5-3-2, Manchester City hendak memperkuat sektor sayap mereka sekaligus mengeblok irisan Madrid. Namun Maicon di kanan dan Aleksandar Kolarov di kiri tidak bermain cukup gemilang, berada di bawah bayang-bayang Los Blancos. Yang terjadi adalah, meski City unggul dalam penguasaan bola, Joe Hart harus lintang-pukang menyelamatkan gawang.

Babak kedua, Manchester City berusaha tampil lebih hidup. Dengan menguasai bola, mereka berharap gol demi gol akan lahir. Sementara, Real Madrid masih memainkan serangan balik paling menyesakkan siapa pun.

Seisi Etihad barangkali tak percaya dengan apa yang mereka lihat di menit 64. Iker Casillas berhasil mengantisipasi tembakan Sergio Aguero menyambut umpan Maicon yang semestinya 99,9% gol.

Dan kesuraman menjalar di seluruh Etihad hingga akhirnya sebuah insiden terjadi di menit 73. Alvaro Arbeloa dianggap mengganjal laju Aguero di kotak terlarang. Kartu merah untuknya, dan City memperoleh penalti yang tak disia-siakan oleh Sergio Aguero. 1-1.

Manchester City vs Real Madrid

Dengan keunggulan jumlah pemain, City berusaha mencari gol kemenangan. Namun, upaya mereka terbentur oleh kurangnya determinasi The Citizens plus kokohnya lini belakang Madrid. Skor akhir tidak berubah, 1-1. Sang juara Liga Inggris akhirnya tersingkir dari grup D. Sementara, juara Liga Spanyol, melenggang ke babak berikutnya setelah Ajax terbantai di kandang sendiri.

Manchester City (3-5-2): 1-Hart; 4-Kompany, 5-Zabaleta, 33-Nastasic; 3-Maicon, 13-Kolarov (14-Javi Garcia ’46), 8-Nasri (32-Tevez ’60), 21-Silva, 42-Yaya Touré; 10-Džeko, 16-Agüero (7-Milner ’88)

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas;  17-Arbeloa, 3-Pepe, 4-Ramos, 15-Coentrão; 6-Khedira, 14-Xabi Alonso; 19-Modric (21-Callejon ’73), 22-Di María, 7-Ronaldo; 9-Benzema (2-Varane ’75)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda