Scroll to Top

Windows 8: Celah Keamanan Mudahkan Pembajak Aktivasi Windows

By Ditya / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Windows 8

Microsoft menawarkan Windows 8 Media Center gratis hingga 31 Januari 2013 untuk meningkatkan penjualan Windows 8. Sayangnya, hal ini malah menjadi celah untuk memudahkan aktivasi Windows bajakan oleh pembajak.

Berbeda dengan Windows 7 yang lebih mudah aktivasi bajakannya, Windows 8 dinilai lebih sulit. Namun, hadirnya Key Management Service (KMS) server yang biasanya digunakan untuk melakukan aktivasi Windows yang berlaku hingga 180 hari, dengan sedikit trik dapat membuat aktivasi permanen di Windows 8.

Seperti yang kita ketahui, Windows original berlisensi selalu melakukan aktivasi setelah selesai instalasi untuk menandai keaslian perangkat lunak Windows yang dipakai dan aktivasi ini bersifat permanen.

Trik aktivasi Windows 8 Pro yang memanfaatkan Windows Media Center dan KMS server ini memang cukup populer dikalangan pengguna perangkat lunak Windows bajakan. Trik ini dinilai cukup mudah, karena pengguna hanya perlu men-download Microsoft Windows Media Center, kemudian Windows 8 Pro akan aktiv permanen.

Penggunaan KMS server sendiri sebenarnya tak terlalu sulit, kemudian pengguna hanya perlu memasukan kunci atau key Windows Media Center ke wizard Add Features, dan aktivasi sementara dari KMS server akan berubah jadi aktivasi permanen. Artinya, Windows 8 tersebut telah aktif permanen layakan Windows 8 original.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware dan LegitReview (21/11/2012), aktivasi Windows adalah bagian yang sering di eksplorasi oleh pelaku pembajakan perangkat lunak. Mereka biasanya mencari celah keamanan yang ada untuk melakukan aktivasi Windows secara illegal

Bagi pembajak perangkat lunak, aktivasi Windows 8 memang tak semudah Windows 7. Namun, dengan hadirnya celah keamanan dari Windows Media Center ini akan memudahkan para pembajak perangkat lunak. Sampai saat ini tak ada tanggapan resmi dari Microsoft terkait masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda