Scroll to Top

Barcelona Mesin Gol di Liga Spanyol dan Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Barcelona Mesin Gol di Liga Spanyol dan Liga Champions

Barcelona era Tito Vilanova adalah yang tersubur di Liga Spanyol. 39 gol yang mereka lesakkan, tidak bisa dilampaui 19 klub lain. Di ajang Liga Champions, tempat mereka baru saja berpesta di dinginnya Moskwa, Barca juga menjadi salah satu klub terproduktif. 11 gol yang mereka lesakkan hingga matchday 5, cuma kalah dengan Shakhtar Donetsk dan PSG (12 gol).

Barcelona bagaikan mesin gol, entah berada di kompetisi apa pun. Baik di Liga Spanyol maupun di Liga Champions, pasukan Tito VIlanova seperti tak mau berhenti mencetak gol. Lebih dan lebih lagi. Lihatlah prestasi mereka di kompetisi domestik. 39 gol dicetak dalam 12 pertandingan.

Catatan ini menyamai rekor yang dibuat oleh Barca era Helenio Herrera pada musim 1959/1960. Perbedaannya, musim tersebut, meski sama-sama memuncaki klasemen, Barcelona ‘cuma’ meraih 8 kemenangan, 1 seri, dan 3 kali terhempas. Selain itu, selisih gol Barca era 59/60 lebih baik dengan surplus 31 gol. Sementara, musim ini pasukan Tito Vilanova sudah kemasukan 15 kali (surplus 24 gol).

Sayangnya, di atas langit masih ada langit. Kesuburan Barca era Tito Vilanova, masih kalah dari skuad Barcelona era Ferdinand Daucik yang mencetak 42 gol dalam 12 pertandingan. Bedanya, nasib Blaugrana musim ini jauh lebih beruntung. Karena, meski Barca 50/51 sangat subur, penampilan mereka tidak terlalu stabil. Berada di peringkat 6 di klasemen sementara dan posisi 4 di klasemen akhir adalah catatan mereka musim tersebut.

Tidak hanya berbicara di kompetisi domestik, Barca era Tito juga menunjukkan kekuatan mereka di Liga Champions. Musim ini sudah sebelas gol mereka buat dalam lima partai. Sejauh ini, cuma Shakhtar Donetsk dan PSG yang melampaui mereka. Baik klub Ukraina maupun Prancis sama-sama sudah menelurkan 12 gol.

Kedahsyatan Barca dalam membobol gawang lawan, tak bisa dipungkiri, adalah berkat andil seorang Lionel Messi. King Leo tercatat sudah melepaskan 17 gol di Liga Spanyol dan 5 di Liga Champions. Artinya, 44% gol Barcelona berasal dari Si Nomor 10.

Sampai kapan ketajaman Barcelona berlanjut? Akankah penampilan mereka mampu dipertahankan hingga penghujung musim? Akankah semangat antiBarca muncul dan meruntuhkan pasukan Tito Vilanova di tengah perjalanan? Jawabannya ada di 26 laga sisa di Liga Spanyol, plus deretan pertandingan di Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda