Scroll to Top

Nintendo Wii U: Performa Prosesor Lambat?

By Ditya / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Wii U

Baru saja konsol Nintendo Wii U meluncur ke pasar, langsung disambut oleh para kritikus terkait kinerja konsol game besutan Nintendo. Salah seorang kritikus menyebutkan bahwa performa Central Processing Unit (CPU) atau prosesor yang digunakan Nintendo Wii U lambat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, saat Nintendo Wii U dibongkar, terlihat bahwa konsol Nintendo Wii U ini ditenagai oleh prosesor IBM PowerPC multicore yang dipadukan dengan grafis dari AMD Radeon seri RV7xx. Spesifikasi mengenai jumlah core dan kecepatan prosesor iBM PowerPC yang digunakan oleh Nintendo Wii U memang belum diketahui.

Salah seorang kritikus yang cukup vokal mengkritik konsol game Nintendo Wii U ini adalah Oles Shishkovtsov dari 4A Games yang mengatakan bahwa prosesor yang digunakan oleh konsol Nintendo Wii U ini lambat dan mengerikan. Ia juga menambahkan bahwa game Metro: Last Night tak dirilis di Nintendo Wii U karena spesifikasi yang tak memadai.

Pengembang game lain yang juga dari 4A Games, Huw Beynon, diolaporkan mengakui bahwa tampilan awal Nintendo Wii U ini terlihat meyakinkan dan pengembang berpikir akan melepas game Metro: Last Night untuk Nintendo Wii U, selain untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan PC Windows.

Setelah melihat lebih dekat konsol Nintendo Wii U, tim pengembang harus melakukan pemotongan dan penurunan kualitas permainan Metro: Last Night karena pengembang game mendapati kinerja prosesor Nintendo Wii U lambat. Akibatnya, game Metro: Last Night untuk konsol Nintendo Wii U harus ditunda sampai batas waktu yang tak jelas.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (21/11/2012), sebenarnya performa konsol Nintendo Wii U ini cukup tangguh. Hal ini terlihat dengan hadirnya game-game kelas berat, seperti Call of Duty: Black Ops 2, Mass Effect 3, Assassin Creed 3 dan Batman: Arkham City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda