Scroll to Top

Windows 1.01, Nenek Moyang Windows 8 Yang Kini Berusia 27 Tahun

By Ditya / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Windows 101

Windows 1.01, adalah sistem operasi nenek moyang Windows 8 yang hari Selasa lalu (20/11/2012) merayakan ulang tahun yang ke-27. Windows 1.01 adalah sistem operasi Windows pertama yang diluncurkan Microsoft pada tanggal 20 November 1985.

Sistem operasi Windows 1.01 ini adalah sistem operasi yang memiliki kemampuan multitasking dan hadir dengan antarmuka grafis atau Graphical User Interface (GUI) pertama besutan Microsoft. Seperti yang kita tahu, bahwa saat itu masih populer komputer yang menggunakan antarmuka berbasis Command Line seperti DOS yang juga besutan Microsoft.

Pengembangan platform sistem operasi Windows 1.01 sekitar bulan September tahun 1981. Saat itu, Microsoft memulai sebuah proyek yang disebut dengan nama “Interface Manager”. Pengembangan sistem operasi 16-bit ini tak pernah diungkapkan kepada publik hingga 2 tahun lebih.

Pada tanggal 10 November 1983, proyek Interface Manager berganti nama menjadi Microsoft Windows. Sayangnya, tanggapan publik terhadap Windows versi beta tak terlalu baik. Kritikus menyebut proyek Microsoft Windows terlalu mirip dengan Macintosh besutan Apple.

Windows 10
Tampilan Windows 1.01

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (21/11/2012), raksasa perangkat lunak asal Redmond ini pun segera menanggapi kritik tersebut dan merubah desain tampilan Windows dan diluncurkan sebagai sistem operasi ritel dengan nama Windows 1.01.

Sayangnya, penjualan Windows 1.01 ini sangat lambat dan Apple Macintosh masih tetap menjadi platform pilihan pengguna saat itu. Kesuksesan Macintosh saat itu didukung dengan hadirnya perangkat lunak grafis dari Adobe. Microsoft kemudian meluncurkan Windows 2.x pada 9 Desember 1987.

Kini, Windows 8 telah resmi diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 26 Oktober 2012 yang menawarkan tampilan antar muka baru yang disebut dengan Metro Style.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda