Scroll to Top

Android Kuasai 64 Persen Pasar Smartphone Indonesia

By Ditya / Published on Thursday, 22 Nov 2012

Android Jelly Bean Samsung

Smartphone Android semakin memperkuat dominasi di pasar smartphone Indonesia. Menurut lembaga riset IDC, Android telah menguasai 64 persen pasar smartphone di Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2012.

Android melanjutkan dominasinya di pasar smartphone Tanah Air setelah berhasil memukul mundur dominasi BlackBerry besutan Research In Motion (RIM) pada kuartal kedua 2012 lalu. Sistem operasi beustan Google ini semakin jauh meninggalkan sistem operasi pesaingnya di kancah perasaingan smartphone tanah air.

“Smartphone dengan sistem operasi Android memiliki kontribusi 64 persen atas seluruh ponsel cerdas yang dikirimkan ke Indonesia pada kuarter ketiga 2012,” kata Darwin Lie, Market Analyst for Client Devices Research IDC Indonesia, seperti yang dilansir dari Tempo (21/112012).

Harga dan layar berukuran besar pada smartphone Android merupakan salah satu faktor pemicu populernya smartphone Android di Indonesia, menurut IDC. Tak hanya itu, IDC juga menambahkan bahwa setengah dari smartphone yang masuk ke Indonesia dibandrol dengan harga Rp. 900 ribu hingga 1,8 juta dengan ukuran layar 4 inci ke atas.

Android kini menjadi primadona karena tak hanya ditawarkan oleh berbagai vendor ponsel, tapi juga hadir dengan kisaran harga yang sangat murah seperti yang ditawarkan oleh vendor ponsel lokal. Sementara itu, RIM BlackBerry tampaknya mulai stagnan di Indonesia, setidaknya hingga BlackBerry 10 meluncur.

Pasar ponsel Indoesia saat ini memang masih dikuasai oleh feature phone atau ponsel sederhana yang ditujukan untuk pengguna pemula. Smartphone di Indonesia hanya menguasai sekitar 12,67 persen pasar ponsel di Indonesia.

Pada kuartal ketiga 2012, ada 5 produsen ponsel teratas (tidak berdasarkan urutan) di Indonesia, yakni Nokia, Samsung, BlackBerry, RIM, Cross dan Mito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda