Scroll to Top

Lima Bek Barcelona dan Tiga Bek Real Madrid Nominator Bek FIFA FIFPro 2012

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 23 Nov 2012

Lima Bek Barcelona dan Tiga Bek Real Madrid Nominator Bek FIFA FIFPro 2012

FIFPro dan FIFA baru saja mengumumkan 20 bek yang menjadi nominator untuk pemilihan FIFA FIFPro 2012 World XI atau tim terbaik dunia tahun ini. Dari 20 bek tersebut, lima di antaranya berasal dari Barcelona. Yaitu, Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, dan Carles Puyol. Sementara itu, Real Madrid menampilkan tiga wakil mereka: Marcelo, Pepe, dan Sergio Ramos.

Siapa saja bek-bek terbaik yang akan mengisi formasi tim ideal tahun ini? FIFPro dan FIFA telah mengumumkan 20 bek yang paling banyak dipilih oleh sesama pemain profesional di seluruh dunia. Wajar jika nama-nama yang berlaga di klub elite di liga elite Eropa, masuk dalam daftar. Termasuk nama-nama dari duo rival abadi di Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Tahun ini, ada lima pemain Barcelona yang masuk dalam seleksi. Mereka adalah dua bek sayap, Dani Alves dan Jordi Alba. Plus, trio bek tengah: Gerard Pique, Javier Mascherano, dan Carles Puyol. Khusus Jordi Alba, tahun ini namanya memang sangat moncer. Konsistensinya bermain bersama Valencia selama setengah tahun pertama, membawa Alba masuk ke dalam timnas Spanyol di Euro 2012. Di sinilah permainannya demikian mengilap. Termasuk mencetak gol di partai puncak melawan Italia. Dan kini, di Barcelona, Jordi Alba yang juga jebolan akademi Barca, dengan mudah menembus posisi inti dalam skuad pilihan Tito Vilanova.

Dari Real Madrid, ada tiga nama: Pepe, Sergio Ramos, dan bek kiri Marcelo. Duet Pepe dan Sergio Ramos sebagai palang pintu Real Madrid, bisa dikatakan menjadi salah satu yang terdisiplin di dunia. Sementara Marcelo, dikenal sebagai bek sayap yang rajin membantu serangan.

Perhatian layak diberikan pada Mats Hummels (Borussia Dortmund) dan Branislav Ivanovic (Chelsea). Hummels, pemain yang menjadi incaran Barcelona, adalah bek tengah kokoh untuk klub dan timnas Jerman. Sementara Ivanovic, yang bisa menjadi bek kanan dan bek tengah, adalah bagian penting dalam kesuksesan Chelsea menjuarai Liga Champions. Meski, tak bermain di partai puncak.

Tak kalah unik adalah, takdir yang menimpa Ashley Cole, Carles Puyol, dan John Terry. Ini adalah tahun kelima mereka senantiasa masuk dalam nominasi bek terbaik FIFA FIFPro. Puyol sang kapten Barca pernah masuk dalam daftar skuad untuk tim terbaik dunia pada tahun 2007, 2008, dan 2010.

20 defender terbaik dunia ini akan diperas untuk tersisa empat orang saja. Pengumuman para jagoan lini belakang yang masuk tim terbaik dunia, akan disampaikan dalam Gala Ballon d’Or pada 7 Januari 2013 mendatang.

Berikut ini daftar 20 bek seleksi untuk FIFA FIFPro 2012

  1. Jordi Alba (Spanyol / Barcelona)
  2. Gareth Bale (Wales / Tottenham Hotspur)
  3. Giorgio Chiellini (Italia / Juventus)
  4. Ashley Cole (Inggris / Chelsea)
  5. Dani Alves (Brazil / Barcelona)
  6. David Luiz (Brazil / Chelsea)
  7. Patrice Evra (Prancis / Manchester United)
  8. Rio Ferdinand (Inggris / Manchester United)
  9. Mats Hummels (Jerman / Borussia Dortmund)
  10. Branislav Ivanovic (Serbia /  Chelsea)
  11. Vincent Kompany (Belgia / Manchester City)
  12. Philipp Lahm (Jerman / Bayern Munich)
  13. Marcelo (Brazil /  Real Madrid)
  14. Javier Mascherano (Argentina / Barcelona)
  15. Pepe (Portugal / Real Madrid)
  16. Gerard Piqué (Spanyol/ Barcelona)
  17. Carles Puyol (Spanyol /  Barcelona)
  18. Sergio Ramos (Spanyol /  Real Madrid)
  19. John Terry (Inggris/ Chelsea)
  20. Thiago Silva (Brazil /  Paris St-Germain)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda