Scroll to Top

Liga Inggris: Mana Golmu, Andy Carroll?

By Wan Faizal / Published on Friday, 23 Nov 2012

Andy Carroll

Di daratan Inggris, nama Andy Carroll sempat digadang-gadang sebagai salah satu striker masa depan Inggris. Prediksi itu tak sepenuhnya salah jika melihat aksinya bersama Newcastle United. Namun kini performa Carroll menurun cukup drastis. Bukti nyatanya, tengoklah daftar pencetak gol sementara Liga Inggris 2012-2013, dijamin Anda tak akan menemukan nama Carroll disana.

Yap, dari enam laga yang telah ia lakoni bersama West Ham United musim ini, Carroll belum sekalipun melesakkan gol untuk timnya. Sempat tampil menjanjikan di debutnya di Upton Park, perlahan namun pasti Carroll malah tak kunjung mencetak gol.

Manajer The Hammers, Sam Allardyce, menilai faktor tempelan ketat dari bek lawan yang membuat Carroll masih mandul. Lihat saja, ketika Carroll mendapat umpan, terutama umpan lambung, setidaknya ada dua lawan yang mengawalnya dan menggagalkan upaya Carroll menguasai bola.

Ketika West Ham ditahan imbang 1-1 oleh Stoke City di pertandingan terakhir, terlihat jelas raut muka kecewa dan frustrasi dari Carroll saat Allardyce memutuskan untuk mengganti striker berusia 23 tahun itu.

Performa minor ini seperti menjadi lanjutan dari episode buruknya bersama Liverpool musim lalu. Datang menggantikan Fernando Torres dengan tebusan uang 35 juta pounds, Carroll malah gagal total di Anfield.

Manajer The Reds kala itu, Kenny Dalglish, sempat dibuat bingung dengan performa Carroll. Pada masa Brendan Rodgers, nama Carroll malah langsung “dibuang” ke West Ham oleh eks juru taktik Swansea City tersebut, padahal Liverpool awalnya hanya punya dua striker dalam diri Luis Suarez dan Fabio Borini. Nama terakhir kini mengalami cedera dan hanya menyisakan Suarez seorang diri di lini depan.

Gol Carroll

Catatan statistik menunjukkan, gol terakhir yang dibuat Carroll adalah saat sundulannya menembus gawang Swedia di Euro 2012 lalu. Di partai domestik, gol terakhir Carroll adalah pada final FA Cup 2012 saat Liverpool kalah 1-2 dari Chelsea. Sementara di level Premier League malah lebih parah dimana gol terakhir yang dicetak Carroll adalah pada April lalu saat Liverpool mengatasi perlawanan Blackburn Rovers.

Well, andai Carroll kembali bermain di klub yang ditangani Chris Hughton atau Alan Pardew, bukan tak mungkin ia akan kembali ke peak performance-nya. Bukannya apa-apa, kedua manajer itulah yang membantu Carroll terbang tinggi saat berada di Newcastle.

Carroll - Newcastle

Tantangan besar bagi Carroll tentu akan ada akhir pekan ini kala West Ham harus menyambangi markas Tottenham Hotspur, Stadion White Hart Lane. Mampukah Carroll mengakhiri puasa golnya di laga tersebut?

Berikut adalah catatan statistik gol Carroll bersama klub yang dibelanya hingga kini:

  • Newcastle: 91 main, 33 gol
  • Liverpool: 58 main, 11 gol
  • West Ham: 6 main, 0 gol
  • Timnas Inggris: 5 main, 2 gol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda