Scroll to Top

MV Agusta Siap Bersaing dengan Moge di Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Nov 2012

agusta f4 rr

MV Agusta siap untuk bersaing dengan motor kelas atas alias motor gede (moge) di Indonesia. Pasalnya, merek yang cukup dikenal oleh penggemar motor balap dunia ini memasarkan produknya di tanah air. Ada tiga macam motor yang segera dipasarkan, yaitu MV Agusta tipe F4 RR, F3 675, dan Brutale 675.  Kabar baiknya, motor tersebut akan dirakit di pabrik perakitan Bekasi.

MV Agusta berada di bawah manajemen PT Moto Arte indonesia (MAI) untuk Agen Pemegang Merek (APM)  di Indonesia. Kabarnya stok yang akan dijual per tahunnya sangat terbatas. Kantor pusat MV Agusta hanya menyediakan stok tahunan sekitar 40-50 unit. Jumlah ini terutama akan diterapkan pada jenis Brutale 675 dan F3 F75. Tapi keterbatasannya ini juga wajar. Sebab, pabrik perakitan sementara ini kapasitasnya hanya mampu merakit tiga unit motor MV Agusta setiap bulannya. Target penjualan juga tidak muluk. PT MAI menargetkan 3-4 unit motor setiap bulannya.

Memang MV Agusta adalah motornya orang borjuis. Tengok harganya, untuk tipe F4 RR dibandrol senilai Rp 495 juta. Sementara untuk tipe Brutale 675 dihargai Rp 245 juta. Terakhir, tipe F3 F75 dipasang harga 325 juta.  Harga-harga ini sudah sebanding untuk membeli mobil kelas menengah.

Tapi jangan salah, harga ini termasuk sudah cukup murah. Karena masih memerlukan perakitan, maka harganya bisa ditekan 10-20 persen. Kalau motor ini didatangkan dalam bentuk motor utuh, maka  akan kena pajak sebesar 40 persen. Implikasi ke penetapan harga jual bisa menjadi lebih tinggi lagi. Perakitnya pun hanya 3-5 orang yang didatangkan langsung dari negara asal MV Agusta di Italia.

“Moge MV Agusta resmi hadir di Indonesia dengan ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual,” kata Steven Oentoro, Kepala Eksekutif PT. MAI, seperti dikutip Antara. “Memang (target) masih kecil karena kami masih baru. Tapi ketiga model kami (MV Agusta tipe F4 RR, F3 675 dan Brutale 675 sudah habis (terjual) bulan lalu. Nanti Desember, akan datang sembilan unit lagi dari Italia,” tambah Steven.

Dalam paket penjualannya, MV Agusta memberikan garansi selama dua tahun secara global. Saat ini dilernya baru ada Moto8. Rencananya, ke depan akan dibuka dua diler di Bali dan Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda