Scroll to Top

Sudah Jelaskah Identitas Bisnis Anda di Twitter?

By Melissa / Published on Monday, 15 Aug 2011

Twitter makin banyak dilirik oleh para pebisnis baik pemain lama maupun baru. Bagi mereka, Twitter membawa peluang yang besar untuk memperluas pasar mereka.

Twitter pun melihat hal ini sebagai suatu keuntungan tersendiri, sehingga mereka menyediakan halaman khusus untuk bisnis yang berisi tip dan trik bisnis disertai berbagai macam kesempatan beriklan melalui Twitter.

Melindungi identitas dan reputasi merupakan hal yang esensial untuk bisnis kecil, terutama bisnis online. Meskipun saat ini Twitter tidak menawarkan verifikasi akun untuk kategori bisnis ini, para pebisnis kecil tidak perlu berkecil hati karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk memperjelas identitas bisnis mereka.

Dikutip dari Mashable!, simak cara-cara di bawah ini untuk memperkuat keberadaan bisnis Anda di Twitter:

Hubungkan Semua Akun dan Profil Bisnis yang Anda Miliki di Jejaring Sosial

Twitter tidak mengijinkan penggunanya untuk ‘menyimpan’ username. Akibatnya, bisnis kecil dengan nama perusahaan yang ‘umum dipakai’ kemungkinan tidak bisa menggunakan nama perusahaannya sebagai username karena sudah dipakai oleh pengguna lain.

Cara mengakalinya adalah dengan menuliskan alamat situs perusahaan Anda pada kolom URL di profil Twitter Anda. Tambahan tulisan “akun Twitter resmi untuk PT XYZ” di kolom bio akan memperjelas identitas akun Twitter Anda.

Atau jika Anda memiliki Facebook Page dan Foursquare Page, Anda dapat menghubungkan Twitter Anda dengan kedua layanan tersebut.

Lindungi Logo dan Trademark Anda

Jika Anda memiliki trademark untuk “Roti 123″ namun akun Twitter dengan nama @roti123 atau @roti_123 sudah dimiliki orang lain dan menimbulkan kerancuan baik disengaja maupun tidak, Twitter dapat membantu Anda.

Apabila akun Twitter tersebut memakai logo dan trademark Anda untuk membingungkan para pengguna, Anda dapat meminta pertolongan pada Twitter dengan mengirim ‘tiket bantuan’.

Twitter akan melihat situasinya dan jika menurut mereka akun tersebut terbukti ‘menyesatkan’ para pengguna lainnya, mereka mungkin akan memblokir akun tersebut lalu menyerahkan kepemilikannya kepada Anda.

Jika pemilik akun tersebut tanpa sengaja membingungkan para pengguna dan memang tidak berniat untuk ‘menyesatkan’, Twitter akan memberikan kesempatan kepada si pemilik akun untuk menjelaskan situasinya lalu akan melepas username tersebut kepada pemegang trademark.

Namun, bila si pemilik akun menggunakan akun tersebut dengan cara yang tidak berhubungan sama sekali dengan produk atau layanan Anda, Twitter tidak dapat mengintervensi.

Perhatikan Tampilan Profil Twitter Anda

Menambah elemen-elemen tertentu ke dalam profil Twitter Anda seperti branding, logo atau pemilihan warna yang khas tentunya semakin memperjelas identitas bisnis Anda di Twitter.

Dengan mencoba kiat-kiat di atas, semoga identitas bisnis Anda semakin jelas dan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda