Scroll to Top

Libon, Aplikasi Besutan Orange Mobile Pesaing Skype dan WhatsApp

By Ibnu Azis / Published on Friday, 23 Nov 2012

Libon Orange

Orange merk ponsel dari France Telecom merilis aplikasi smartphone untuk ‘telfon’ dan SMS gratis yang bernama Libon. Aplikasi ini menantang kompetitor kuat macam Skype, WhatsApp, dan Viber.

Operator selular di seluruh dunia sesungguhnya merugi akibat munculnya beragam aplikasi pesan instan. Sebuah aplikasi yang menggratiskan komunikasi via internet akan konten teks, gambar, maupun voice.

Giles Corbett, pembesut dan pengembang aplikasi Libon Orange mengatakan operator telekomunikasi perlu untuk masuk di dalamnya dengan layanan yang serupa. Tujuannya sederhana, untuk menarik pengguna dan beralih ke sesuatu yang baru atau alterntif.

Aplikasi Libon bisa digunakan secara gratis bagi pengguna iPhone. Sementara perusahaan sendiri menerim pemasukan dari fitur premium: transkrip salinan pesan suara (voicemail) atau email.

Pengguna device ‘robot ijo’ juga akan menikmati fitur serupa. Jika sesuai rencana, Libon Orange bakal tersedia untuk Android pada kuartal pertama tahun 2013 nanti. Demikian tulis Reuters.

Sementara itu operator Telefonica juga meluncurkan aplikasi sama yang mereka sebut dengan Tu Me pada bulan Mei lalu. Deutsche Telekom sendiri dikenal memiliki Bobsled.

Menggandeng operator selelar Eropa lainnya, Orange kini tengah bekerja mengembangkan teknologi baru yang dikenal dengan Rich Communications Suite (RCS). Teknologi ini memungkinkan telepon tradisional dengan penambahan fitur mutakhir seperti chat, live video, serta file sharing lintas device.

Setidaknya Orange, Vodafone, Deutsche Telekom, AT&T dan China Mobile terlibat dalam proyek RCS. Rencananya teknologi ini akan diperkenalkan ke konsumen pada bulan Juni 2013 nanti.

Unduh Libon di App Store pada tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda